Ciri-Ciri Ayam Yang Terkena Flu Burung

Flu burung masih menjadi momok yang menakutkan bagi para peternak ayam. Bagaimana tidak, akibat dari wabah flu burung ini banyak sekali para peternak yang gulung tikar.

Saking mengerikannya kematian ayam akibat penyakit flu burung, banyak orang yang beranggapan setiap ayam yang mati mendadak dan dalam jumlah yang banyak, itu disebabkan oleh penyakit flu burung.

Penyakit flu burung sangat terkenal meskipun tidak semua orang mengenal ciri-ciri ayam yang terkena penyakit flu burung.
Intinya, ayam mati mendadak ya penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah penyakit flu burung.

Anggapan ini sering terjadi pada pada masyarakat pedesaan yang beternak ayam dengan peternakan ayam skala kecil, atau peternakan tradisional yang justru jauh dari agen penyebaran penyakit flu burung.

Akibat adanya ketidak tahuan akan gejala ayam yang terkena penyakit flu burung,  isu penyakit flu burung ini membuat masyarakat pedesaan yang terbiasa memelihara ayam kampung sebagai sumber penghasilan tambahan menjadi merasa takut untuk memelihara ayam kampung.

Mengingat virus flu burung tidak hanya menyerang pada ayam, tapi juga dapat menyebabkan kematian pada orang yang ada di sekitar ayam yang terinfeksi virus flu burung tersebut.

Berita merebaknya wabah flu burung yang dapat membahayakan keselamatan warga, membuat pasokan ayam kampung mengalami penurunan, hal ini di sebabkan masih sedikit peternak ayam kampung yang menggunakan sistem peternakan ayam kampung secara intensif.
Sehingga pasokan daging ayam kampung masih mengandalkan dari peternakan ayam kampung yang di lakukan secara tradisional, yang sudah pasti hasil produksinya tidak dapat di target sesuai dengan kebutuhan pasar.

Daging ayam kampung sampai saat ini masih menjadi daging yang di gemari oleh para penggemar kuliner, karena adanya kepercayaan bahwa daging ayam kampung lebih bersih dari zat kimia yang berasal dari obat-obatan yang di gunakan dalam peternakan.

Kalau kita mau menelusuri lebih teliti, banyak sekali penyebab kematian ayam kampung secara mendadak, jadi tidak semua kematian mendadak pada ayam di sebabkan oleh penyakit flu burung.

Pemahaman bahwa kematian mendadak pada ayam di sebabkan oleh penyakit flu burung adalah merupakan hal yang wajar, mengingat selama ini tidak ada penyuluhan dari departemen terkait yang memberikan informasi tentang penyakit flu burung ini secara detail dan mudah di pahami.


Sampai sekarang pengobatan untuk penyakit yang satu ini masih belum dapat di temukan seperti penyakit tetelo yang masih menjadi pekerjaan rumah para peneliti obat-obatan untuk ternak unggas.

Hal terbaik yang bisa di lakukan peternak adalah pencegahan dengan program vaksinasi. Untuk peternak dengan jumlah ternak yang sedikit program vaksinasi flu burung masih susah di jalankan karena vaksin flu burung masih sulit ditemukan pada toko-toko penyedia sarana peternakan.

Pemahaman tentang ciri-ciri ayam yang terkena flu burung sangat di perlukan supaya masyarakat tidak terlalu kawatir dengan penyakit ini.
Dengan memahami ciri-ciri ayam yang terkena flu burung, tindakan antisipasi dapat segera di lakukan sebelum semua populasi ternak tertular virus flu burung.

Selain itu dengan adanya pemahaman yang baik mengenai ciri-ciri ayam yang terserang flu burung, kita dapat memberikan antibiotik yang tepat sebagai upaya pencegahan.

Berikut di bawah ini adalah ciri-ciri ayam yang terkena flu burung:
  • Adanya gangguan pernafasan yang parah 

  • Bengkak pada Kepala, Jengger dan Pial, disertai warna kebiruan

  • Terdapat bintik-bintik merah pada kaki ayam

  • Terdapat cairan pada mata dan hidung

  • Terdapat cairan kental pada rongga mulut

  • Terjadi diare pada ayam

  • Terdapat tanda-tanda saraf

  • Kematian Mendadak, kematian biasanya terjadi setelah 24 jam ayam terserang flu burung dengan tingkat kematian bisa mendekati 100% dari jumlah populasi.
Di bawah ini gambar ciri-ciri ayam yang terserang penyakit flu burung:


ciri-ciri ayam yang terkena flu burung


Wiraternak mencoba tekankan sekali lagi, bahwa tidak semua ayam yang mengalami kematian secara mendadak adalah di sebabkan oleh adanya infeksi virus flu burung.
Banyak faktor yang menyebabkan ayam mengalami kematian mendadak, salah satu nya adalah heat stress atau stress karena cuaca yang terlalu panas.

Demikian sedikit informasi mengenai ciri-ciri ayam yang terserang flu burung, semoga dengan informasi ini kita menjadi lebih dapat memahami bagaimana ciri-ciri ayam yang terserang flu burung atau avian influenza ini.

Jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa ayam yang kita pelihara terserang penyakit flu burung, karena begitu kita mengatakan bahwa ayam kita mati terserang flu burung, akan sangat di sayangkan apabila informasi ini membuat masyarakat panik kemudian menjual semua ayamnya dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran, hanya karena adanya kesalahan informasi.

Salam sukses peternakan, Semoga bermanfaat

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like