Wednesday, June 6, 2012

Cara Mendapatkan Modal Usaha Peternakan

bantuan modal usaha peternakan
Keinginan seseorang untuk menjadi peternak sering kali terganjal pada permasalahan modal. Sehingga keinginan untuk menjadi peternak hanyalah menjadi impian yang tidak pernah di ketahui kapan impian tersebut akan menjadi kenyataan. Bagaimana tidak, untuk menjadi seorang peternak, kita membutuhkan modal untuk membuat kandang, membeli hewan ternak yang akan kita pelihara, membeli persediaan kebutuhan pakan ternak dan suplemen ternak tersebut. Pengecualian kalo yang kita pelihara adalah hewan ternak jenis ruminansia seperti sapi dan kambing, dimana untuk memenuhi kebutuhan pakan kita masih dapat mengandalkan pasokan dari alam sehingga tidak membutuhkan modal pakan yang telalu besar. Tapi hasilnya akan berbeda dengan ruminansia yang di beri pakan yang berkualitas seperti ampas tahu, kulit ari kedelai atau yang lainya.

Permodalan yang sering menjadi permasalahan utama bagi para pelaku usaha peternakan, atau para calon pelaku usaha peternakan sebenarnya bisa kita dapatkan dengan cara yang mudah, dan tentunya dengan bunga yang tidak terlalu tinggi.  
Dalam hal permodalan usaha peternakan sebenarnya pemerintah memberikan perhatian yang positif, banyak sekali program-program pemerintah untuk memajukan usaha kecil menengah atau UKM dengan bekerja sama dengan Bank, atau melalui proposal-proposal yang di ajukan secara berkelompok.

Modal peternakan yang bisa kita dapatkan melalui Bank salah satunya adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Dimana syarat-syaratnya sangat mudah dan bunganya relativ kecil. Kita bisa menggunakan BPKB sepeda motor atau mobil, atau bisa juga kita menggunakan surat pajak tanah. Dana maksimal yang dapat kita ajukan adalah sebesar Rp. 20juta, tanpa adanya provisi atau potongan biaya administrasi. Biaya yang kita keluarkan hanya sebatas untuk pembelian stopmap dan materai. 

Selain modal usaha ternak dari KUR, kita juga bisa mendapatkan modal usaha ternak tanpa adanya bunga, cicilan dan lain-lain. Modal tersebut bisa kita dapatkan dengan mengajukan proposal kepada dinas peternakan setempat atau dapat juga kita mengajukan pada anggota DPR di daerah setempat dengan cara mengajukan dana aspirasi. Biasanya dana aspirasi ini  berhubungan dengan suara pemilih partai dari anggota dewan tersebut. Dengan sedikit janji-janji manis akan memberikan suaranya pada saat pemilu akan dapat membantu kelancaran proses permohonan bantuan modal ini. Sebenarnya sah-sah saja kita memberikan janji suara, toh para partai anggota dewan atau para politikus juga sudah terbiasa memberikan janji. Sekali-kali lah rakyat yang mengumbar janji.
Persyaratan pengajuan proposal permohonan bantuan dana ini bisa kita ajukan dengan cara kita mendirikan kelompok ternak terlebih dahulu. Biasanya untuk mendirikan kelompok ternak ini harus di ketahui oleh pemerintahan desa dan harus di sah kan oleh dinas peternakan setempat. Kelompok ternak berbeda dengan kelompok tani, kalau kelompok tani di batasi dengan luasan tanah persawahan, kalo kelompok ternak dibatasi dengan jumlah kepala keluarga pada suatu desa.

Mendirikan kelompok ternak adalah sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan modal dari pemerintah, selain itu dengan mendirikan kelompok ternak kita dapat memajukan perekonomian pedesaan dan mengurangi tingkat pengangguran di pedesaan. Dengan organisasi yang bagus, kelompok ternak akan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sudah banyak kelompok ternak yang dapat mengembangkan modalnya berlipat-lipat dari modal awal. Dan tentunya modal tersebut didapatkan dari pengajuan proposal permohonan bantuan modal kepada pemerintah. 
Apakah anda tertarik?

Semoga bermanfaat

Written by: Wiraternak
Wiraternak, Updated at: Wednesday, June 06, 2012
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Tulis Komentar

Artikel Perkandangan