Kandang Ayam Kampung Semi Intensif

Untuk meningkatkan produktifitas dalam peternakan ayam kampung, kita harus melakukan perubahan pada tata cara peternakan ayam kampung yang kita jalani, salah satunya dengan metode pemeliharaan secara intensif dan semi intensif.

Kandang ayam kampung semi intensif memiliki perbedaan dengan kandang ayam kampung dengan metode pemeliharaan tradisional.
Pada kandang ayam kampung semi intensif, memiliki pagar sebagai pembatas ruang gerak ayam yang di pelihara.

Dengan membatasi ruang gerak ayam yang dipelihara, akan memberikan banyak efek positif pada ayam kampung itu sendiri.

Di samping itu, dengan membatasi ruang gerak ayam kampung, makanan yang kita berikan benar-benar dapat di gunakan secara maksimal untuk berproduksi.

Pembuatan kandang untuk pemeliharaan ayam kampung semi intensif dapat di buat sama dengan model kandang ayam kampung sistem tradisional, tetapi penempatannya berada didalam pagar pembatas ruang gerak ayam tersebut.

Dengan adanya pagar pada kandang ayam kampung dengan metode pemeliharaan semi intensif, akan sangat menguntungkan peternak.

Karena dengan terbatasnya ruang gerak ayam, maka ayam akan dapat terhindar dari binatang pemangsa dan ayam akan lebih tahan terhadap penyakit karena tidak bercampur dengan ayam-ayam tetangga yang mempunyai kemungkinan sebagai agen pembawa penyakit.

Disamping itu ketika musim hujan datang, kita dapat lebih mudah menjaga kesehatan ayam-ayam kita.
Berikut contoh salah satu contoh kandang ayam kampung dengan pemeliharaan semi intensif:

 cara membuat kandang ayam kampung



Sebelum membuat kandang, ada baiknya di tentukan terlebih dahulu arah kandang. Arah kandang akan mempengaruhi intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruang kandang.

Karena kandang ini adalah kandang ayam dengan metode pemeliharaan intensif, sebaiknya arah kandang membujur dari timur ke barat.

Dimana pintu kandang utama menghadap ke arah datangnya sinar matahari.Dengan adanya penyinaran yang bagus, akan dapat membantu mengurangi kelembaban di dalam kandang. Sehingga ayam akan terhindar dari penyakit
kandang ayam kampung
Kandang Utama
Untuk menghemat biaya pembuatan, kandang utama dapat di buat dengan menggunakan material atau yang sisa produksi pada pabrik kayu.

Selanjutnya setetelah kandang utama sudah dibuat, kita tinggal membuat pagar yang akan mengelilingi kandang utama.

Pagar dapat di buat dari bambu yang di belah atau dapat juga menggunakan kawat ram. Masing-masing material tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Menggunakan bambu biaya lebih murah, tapi kekuatan kurang, apabilan menggunakan kawat ram biaya lebih mahal akan tetapi mempunyai kekuatan yang lebih bagus.
kandang ayam
Kandang Ayam kampung


Pada pemeliharaan ayam kampung sistem semi intensif, telur yang di hasilkan akan mempunyai tingkat fertilitas yang bagus apabila perbandingan antara jantan dan betina menggunakan perbandingan yang ideal, maksimal 1 : 8.
Tingkat fertilitas telur juga sangat di pengaruhi kandungan nutrisi yang terdapat dalam pakan.

Untuk meningkatkan kandungan nutrisi di dalam pakan kita juga dapat memberikan nutrisi organik supaya kebutuhan nutrisi dalam tubuh ayam dapat tercukupi.

Perkandangan ayam kampung adalah salah satu kunci sukses usaha peternakan.
Apabila kita mampu menyediakan kandang yang nyaman untuk ayam yang kita ternak, maka produktifitas dan pertumbuhan ayam akan semakin bagus.

Terlebih apabila pemeliharaannya menggunakan metode full intensif. Pada metode pemeliharaan ayam kampung intensif, ada banyak perbedaan dengan metode pemeliharaan ayam kampung semi intensif dan umbaran.
Dari mulai perkandangan, cara-cara mengawinkan ayam, cara penetasan telur ayam dan cara pemberian pakan ayam.

Pemeliharaan ayam kampung secara intensif, keuntungan yang di dapat dari wirausaha peternakan lebih menguntungkan di bandingkan dengan pemeliharaan ayam kampung semi intensif dan pemeliharaan ayam kampung tradisional.

Hanya saja, pada pemeliharaan ayam kampung secara semi intensif dan tradisional dapat di jadikan sebagai usaha sampingan, kalau pada pemeliharaan ayam kampung dengan metode intensif tidak dapat di jadikan sebagai sampingan, karena ayam yang kita ternakkan tidak boleh lepas dari perhatian kita, terutama mengenai makanan dan minuman yang harus selalu kita sediakan.

Pada artikel selanjutnya akan di bahas mengenai cara pembuatan kandang ayam kampung dengan metode pemeliharaan sistem intensif.

Semoga artikel perkandangan ayam kampung ini dapat memberikan manfaat dan dapat memajukan peternakan ayam kampung yang sementara ini masih jarang yang memelihara dengan menggunakan metode intensif.

Semoga bermanfaat

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like