Model Kandang Ayam

Model kandang ayam ditentukan oleh metode dan tujuan dari pemeliharaan ayam itu sendiri sehingga setiap metode pemeliharaan dan tujuan pemeliharaan mempunyai model kandang yang berbeda. Model kandang yang berbeda-beda biasanya terdapat pada pemeliharaan ayam dengan metode intensif. 
 
Karena pemeliharaan ayam dengan metode intensif, sangat memperhatikan tujuan dari pemeliharaan ayam tersebut. Berbeda dengan pemeliharaan ayam secara umbaran atau tradisional, dimana mulai dari telur, anak ayam dan indukan di jadikan satu pada kandang yang sama. 

Pada pemeliharaan ayam dengan menggunakan metode intensif, ayam di pelihara di dalam kandang dengan model yang di sesuaikan menurut tujuan dari pemeliharaan ayam tersebut. 
 
Ada beberapa model kandang pemeliharaan yang di butuhkan dalam beternak ayam, tergantung jenis ayam yang di pelihara apakah di pelihara dengan tujuan sebagai pedaging, petelur atau pembibitan.

Model kandang ayam untuk peternakan dengan tujuan pedaging terdapat dua model. Yang pertama kandang postal atau kandang berlantai sekam atau serbuk gergaji, yang kedua model kandang panggung
 
Pada peternakan ayam pedaging kebanyakan menggunakan model kandang panggung yang terbuat dari bambu,atau ada juga yang membuat secara permanen dengan menggunakan beton cor.
 
Penggunaan material bambu pada pembuatan kandang model panggung mengeluarkan dana investasi yang lebih murah di bandingkan dengan menggunakan cor atau permanen. 
 
Akan tetapi kandang permanen mempunyai kekuatan atau umur pakai yang lebih lama di banding kandang kayu atau kandang bambu. 
 
Menurut informasi dari salah satu rekan peternak wiraternak yang menggunakan kandang panggung dari bambu, kandangnya sampai sekarang sudah berumur 10 tahun dan masih dapat di gunakan.

Pada pemeliharaan ayam petelur, model kandang yang digunakan adalah kandang batere, yaitu satu kandang untuk satu ekor ayam betina atau dua ekor ayam betina dengan lebar kurang lebih 15-30cm. 
 
Pembatasan ruang gerak ini di maksudkan supaya makanan yang di konsumsi ayam hanya di gunakan untuk memproduksi telur, tidak untuk lainnya.
 
Kandang batere ada yang terbuat dari bambu dan ada juga yang terbuat dari kawat yang di las. Tapi pada umumnya peternakan ayam petelur menggunakan kandang batere yang terbuat dari bambu.

Model kandang pembibitan biasanya menggunakan kandang postal, kandang batere dan kandang pen atau kandang kawin.
Metode perkawinan pada peternakan dengan tujuan pembibitan ada dua macam,yaitu kawin alami dan kawin suntik.
 
Pada peternakan yang menggunakan kawin alami, model kandang yang di gunakan adalah kandang koloni yang berupa kandang postal dan ada juga kandang koloni yang berupa pen mating. Sistem perkawinan ada yang menggunakan sistem kawin secara masal ada juga yang menggunakan sistem perkawinan secara koloni. 
 
Kawin masal yaitu beberapa ratus ekor ayam betina atau lebih di gabungkan dengan beberapa pejantan dalam satu kandang. Biasanya menggunakan perbandingan 1:8. Begitu juga pada perkawinan secara koloni atau pen mating, perbedaan terletak pada jumlah perbandingan antara betina dan pejantan. Dimana dalam satu koloni terdapat 1 pejantan dan 8 betina,
 
Perkawinan dengan metode inseminasi buatan atau kawin suntik, model kandang yang di gunakan biasanya berupa kandang batere. Dimana nantinya sperma jantan di suntikkan satu persatu ke dalam kloaka betina.
 
Metoda kawin suntik ini masih jarang yang mengaplikasikan pada pembibitan ayam. Baik itu ayam negeri maupun ayam kampung.
Pada peternakan yang bertujuan untuk melakukan pembibitan biasanya juga terdapat kandang Inkubator. 
 
Kadang inkubator adalah kandang yang di gunakan untuk memelihara anak ayam yang baru menetas. Setelah beberapa 5 hari kemudian anak ayam di pindah ke kandang pembesaran yang berupa kandang brooder yang dapat berupa kandang panggung dan dapat juga berupa kandang postal. 
 
Di dalam kandang ini di sediakan pemanas untuk menghangatkan tubuh anak ayam sampai anak ayam berumur 30 hari.

Pada artikel selanjutnya akan di bahas model-model kandang ayam beserta gambar model kandang ayam tersebut supaya dapat lebih memberikan pemahaman tentang beberapa model kandang ayam yang pada umumnya di gunakan pada peternakan ayam sekarang ini.

Semoga bermanfaat.

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like