Nutrisi Bagus, Usaha Mulus

pakan ayam murah
Peternak yang sudah lama menjalani usaha peternakannya pasti tidak asing lagi dengan beberapa feed suplemen atau makanan tambahan pada ternak yang sangat membantu keberhasilan usaha ternaknya. 
 
Kandungan nutrisi pada konsentrat yang dapat di katakan mencukupi, kalau kita cermati ternyata masih ada unsur-unsur atau komponen nutrisi yang belum tersedia secara maksimal di dalam konsentrat sehingga kebutuhan feed suplemen ini memang patut untuk di adakan.

Nutrisi yang biasanya memiliki kandungan sedikit pada konsentrat adalah beberapa vitamin dan asam amino yang sangat di butuhkan oleh ternak kita untuk menunjang produksinya. Sementara tidak semua vitamin dan asam amino dapat di produksi sendiri oleh tubuh ternak. 
 
Asam amino yang tidak dapat di produksi sendiri di dalam ternak adalah asam amino essensial, sehingga kita harus memberikan tambahan asam amino pada ransum supaya kebutuhan asam amino di dalam tubuh ternak dapat tercukupi.

Sayang sekali harga asam amino di pasaran masih sangat mahal dan rasanya sulit untuk mendapatkan sebuah produk feed suplemen yang memiliki kandungan asam amino, vitamin dan mineral.

Tetapi walaupun mahal dan harus membeli setiap produk yang mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda, tetap saja banyak peternak yang tetap menggunakannya mengingat nutrisi tersebut memang dibutuhkan oleh ternak dan besarnya manfaat yang akan didapat oleh peternak dengan penambahan feed suplemen tersebut.

Nutrisi yang terkandung di dalam pakan di gunakan oleh ternak tidak hanya untuk memproduksi telur atau daging, tetapi juga untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, untuk memproduksi sperma, untuk memproduksi bulu dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
 
Pada ayam pedaging, ayam kampung pedaging, dan bebek pedaging, pada awal pertumbuhan nutrisi dibutuhkan untuk membentuk organ-organ dalam tubuh dan setelah organ didalam tubuh terbentuk secara sempurna kemudian nutrisi yang terkandung didalam pakan yang di konsumsi oleh ternak kita akan di gunakan untuk pertumbuhan bulu dan pertumbuhan daging.

Memberikan pakan dengan kualitas nutrisi yang baik adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai peternak, karena nutrisi yang terkandung di dalam pakan ternak sangat berkaitan erat dengan percepatan pertumbuhan dan kualitas produksi ternak kita. 
 
Akan tetapi kita tidak harus selalu membeli suplement feed untuk ternak kita dengan harga yang mahal, tentunya sebagai peternak kita menyadari kalau biaya pakan adalah biaya tertinggi pada sebuah usaha peternakan.
 
Untuk menekan biaya pakan, seorang peternak di tuntut kecerdasannya di dalam meningkatkan kandungan nutrisi di dalam pakan ternak tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi dengan membeli produk makanan tambahan yang mengandung nutrisi lengkap. 
 
Karena dengan membeli satu produk yang berisi nutrisi lengkap, maka kita akan dapat lebih menghemat biaya yang di keluarkan untuk pengadaan pakan yang berkualitas.

Semakin kita dapat menekan biaya pakan, maka semakin besar potensi keuntungan yang akan kita dapatkan. Semakin besar keuntungan yang kita dapatkan, maka akan semakin besar pula peluang kita untuk memperbesar usaha peternakan kita.

Semoga Bermanfaat,

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like