Kandang Ternak Kenari Yang Bagus

cara beternak burung kenari
Ternak Kenari: Kandang ternak kenari yang bagus tentunya yang dapat memberikan kenyamanan pada burung kenari yang kita ternakkan. 
 
Untuk membuat kandang peternakan burung kenari, dana yang di butuhkan tergantung dari populasi ternak yang kita miliki.

Semakin besar populasi ternak kenari yang kita miliki tentunya akan semakin besar pula dana yang di butuhkan untuk membuat kandang ternak burung kenari.
 
Kandang ternak burung kenari bentuknya sangat beragam, hal ini di sesuaikan dengan kebutuhan pada peternakan burung kenari kita.

Sebelum mempersiapkan kandang peternakan burung kenari, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan supaya peternakan kenari yang akan kita jalankan tidak menemui kegagalan ditengah perjalanan.
 
Kandang ternak burung kenari yang akan kita buat, hendaknya melihat kondisi lingkungan dimana kandang kenari akan di tempatkan. 
 
Karena hal ini berkaitan dengan hama atau binatang pengganggu pada peternakan burung kenari kita.
Baca: "Hama Pada Peternakan Burung Kenari"

Dalam beternak burung kenari, kandang ternak burung kenari menjadi faktor penting yang harus di perhatikan, karena kandang ini nantinya akan menjadi sarana dalam berkembang biak burung kenari yang kita pelihara.
 
Semakin bagus kondisi kandang, maka akan semakin bagus juga tingkat pertumbuhan burung kenari yang kita pelihara

Dalam membuat kandang ternak burung kenari, kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut ini.

1.Sirkulasi Udara
Kandang ternak burung kenari yang kita miliki tentunya harus mempunyai sirkulasi udara yang bagus. 
 
Burung kenari adalah salah satu burung yang sangat rentan terserang penyakit pernafasan. 
Apabila kandang ternak burung kenari memiliki sirkulasi yang buruk, maka peternakan kenari 
 kita akan sangat mudah terserang penyakit.
 
Penyakit pernafasan yang menyerang kenari, membuat burung kenari malas untuk berproduksi.

2. Mendapatkan Sinar Matahari
Usahakan kandang ternak kenari kita mendapatkan sinar matahari pagi yang maksimal. Apabila kandang ternak kenari sama sekali tidak mendapatkan sinar matahari, banyak penyakit yang akan timbul pada peternakan burung kenari kita.
 
Penyakit yang sangat mudah timbul adalah penyakit yang di sebabkan oleh jamur.
Di samping itu, kandang kenari yang tidak terkena sinar matahari cenderung akan sangat lembab dimana hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan burung kenari.

Apabila kandang yang Anda miliki tidak mendapat sinar matahari, upayakan penjemuran burung kenari di lakukan setiap pagi hari.

3. Jangan Memilih Kandang Yang Terlalu Terbuka
Penempatan kandang kenari setidaknya harus berada pada sebuah tempat yang memiliki pintu.
Walaupun burung kenari termasuk burung yang tidak mudah stress, akan tetapi apabila kandang di tempatkan pada ruang yang tidak memiliki pintu, hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat produksi burung kenari. 
 
Ketika melihat kucing berlalu lalang di depan burung kenari yang kita ternak, burung kenari cenderung malas untuk mengeram, karena merasa terancam dengan keberadaan kucing yang berkeliaran di depan kandang mereka.

4. Kandang Ternak Kenari Jangan Terlalu Besar

Untuk beternak burung kenari, kandang yang di gunakan idealnya tidak perlu terlalu lebar, hal ini berkaitan dengan proses pemberian makan.


Semakin lebar dan semakin besar kandang ternak kenari kita, maka akan semakin melelahkan ketika indukan memberi makana kepada anak-anaknya.
Kecuali kalau kita menggunakan sistem kandang koloni pada peternakan kita.

5. Keamanan Kandang
Dalam beternak kenari, hendaknya kita memperhatikan keamanan kandang ternak kita.
Apabila kandang ternak kenari yang kita miliki jauh dari pemukiman penduduk, hendaknya kita memelihara beberapa anjing untuk menjaga di sekitaran kandang ternak kenari kita.
 

Atau kalau kita enggan memelihara anjing, setidaknya kita harus rutin menjaga kandang ternak kenari kita supaya tidak terjadi tindak kejahatan.
 

Burung kenari adalah salah satu burung yang rawan di curi, karena memang menjualnya juga mudah, peminat burung kenari juga masih banyak.

Artikel Selanjutnya:
"2 Tipe Kandang Ternak Kenari"


Semoga bermanfaat

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like