Ternak Kenari: 4 Hal Penyebab Kenari Tidak Mau Berjodoh

cara menjodohkan kenariTernak Kenari: Dalam beternak burung kenari banyak sekali yang mengalami kendala dalam proses penjodohannya. 
 
Ada yang kenarinya tidak mau jodoh dan saling berkejar-kejaran, ada yang burung kenarinya bertarung, sampai kemudian stres. Kalau sudah stres begini akan membutuhkan waktu yang lama dalam proses penjodohannya lagi.
Terlebih apabila burung kenari mengalami trauma.

Cara menjodohkan burung kenari sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja kita yang cenderung kurang sabar dalam menjodohkan burung kenari. 
 
Untuk menjodohkan burung kenari tentu kita harus memahami usia burung kenari yang kita miliki, karena apabila usia burung yang kita miliki masih terlalu muda, burung kenari tetap tidak akan berjodoh walaupun sangkar kita dekatkan sedekat-dekatnya.

Biasanya kalau juga yang kita jodohkan tidak kunjung berjodoh, kita yang memeliharanya akan mengalami stres seperti burung kenari yang di paksakan untuk berjodoh.

Sakin stresnya berakhir pada sebuah keputusan untuk menjual burung kenari yang di pelihara karena tidak mau berjodoh.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenari sulit untuk berjodoh. Untuk menjodohkan burung kenari, kita terlebih dahulu harus memahami faktor-faktor yang menyebabkan kenari segera berjodoh.
Berikut adalah faktor-faktor untuk mempercepat perjodohan kenari:


1. Burung kurang sehat
Burung kenari yang kurang sehat akan mengalami kesulitan untuk berjodoh dengan kenari lawan jenisnya. Dalam dunia makhluk hidup, mempertahankan kehidupan adalah salah satu hal yang lebih di utamakan dari hal yang lainnya, termasuk dalam hal perkawinan.


Kita dapat melihat kesehatan burung kenari yang akan kita jodohkan dari gerakannya. Burung kenari yang sehat cenderung lincah gerakannya. Dan bulu-bulunya tidak mengembang.

2. Faktor Usia
Apabila Anda sudah memastikan bahwa burung kenari yang akan dijodohkan adalah burung yang sehat, akan tetapi tetap susah berjodoh,  kemungkinan ada faktor lain yang mempengaruhi keinginan burung kenari untuk kawin,yaitu faktor usia.


Kenari yang siap di jodohkan adalah kenari yang sudah berusia 6 bulan keatas untuk kenari lokal, dan untuk kenari import biasanya membutuhkan waktu 8 bulan keatas baru siap untuk di kawinkan.


Faktor usia pada burung kenari juga tidak 100% berlaku, karena ada juga burung kenari dengan usia lebih dari satu setengah tahun akan tetapi tetap susah berjodoh.

3. Faktor Kelainan
 Pada burung kenari juga terdapat kelainan yang menyebabkan kenari susah berjodoh. Ada kenari yang usianya sudah di atas 1 tahun tapi tetap tidak berjodoh, kadang mau berjodoh tapi tidak mau kawin.


Biasanya ada kenari jantan, ketika di jodohkan dia rajin membuat sarang, dan setelah sarang jadi, kenari jantan ini mengeram, walaupun belum terdapat telur di sana.


Faktor kelainan pada burung kenari ini sangat jarang, akan tetapi ini bisa di jadikan salah satu referensi ketika kenari Anda tidak juga kunjung berjodoh.

4. Faktor Cuaca
Seperti yang sudah disebutkan pada artikel "5 Kunci Sukses Beternak Burung Kenari" cuaca yang panas seringkali menyebabkan kenari tidak mau berjodoh . 


Apabila cuaca  terlalu panas, sebaiknya proses perjodohan burung kenari di hentikan dulu, daripada kenari yang Anda pelihara tarung dan stress.

Stres seringkali menjadi pemicu datangnya penyakit-penyakit lain pada burung kenari.

Kalau ke empat faktor di atas tidak terdapat pada burung kenari Anda, dan cuaca juga mendukung untuk proses perjodohan, mungkin cara menjodohkan burung kenari Anda masih kurang tepat.
Untuk menjodohkan burung kenari dengan cepat, Anda bisa ikuti langkah-langkah menjodohkan burung kenari pada Artikel selanjutnya.

Baca Artikel Ternak Kenari Selanjutnya:
"Ternak Kenari: Rahasia Sukses Menjodohkan Burung Kenari"

Semoga Bermanfaat.

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like