Ternak Kenari: Cara Membuat Kenari Langsung Kawin Tanpa Dijodohkan

cara menjodohkan burung kenari
Ternak Kenari: Cara Membuat Burung Kenari Langsung Kawin Tanpa Dijodohkan adalah cara menjodohkan burung kenari dengan cara paling cepat, efektif dan efisien.

Karena menjodohkan indukan burung kenari dengan cara ini kita akan memangkas waktu lebih banyak, kita tidak perlu repot untuk mendekatkan kandang pejantan dan kandang betina. Intinya begitu kenari sudah menunjukkan perilaku siap kawin, segera masukkan kenari pejantan ke dalam sangkar burung kenari betina.
Cara ini cukup mudah, murah dan alami. Tidak membutuhkan obat-obatan untuk merangsang nafsu kawin burung kenari.

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, itu hukum alam dalam kehidupan. 
Kelebihan menjodohkan burung kenari dengan cara ini adalah kita menghemat waktu dan pekerjaan.
Kekurangan dari cara ini adalah burung kenari betina cenderung akan mengusir burung pejantan setelah terjadinya perkawinan.
 
Dapat di katakan, ini adalah teknik perjodohan "Perkawinan Tanpa Cinta" alias perkawinan hanya karena nafsu belaka.
 
Kelemahan lain dari teknik ini adalah kita sering kecolongan, dimana kenari betina belum sempat di kawin oleh kenari pejantan, kenari betina sudah bertelur. Sehingga menghasilkan telur kosong karena tidak di buahi. 
 
Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan terbiasa dengan teknik ini sehingga mampu menentukan kapan saatnya burung kenari pejantan di masukkan ke dalam sangkar burung kenari betina.
 
Kelemahan lain dengan menggunakan teknik menjodohkan burung kenari dengan cepat ini, betina akan merawat anak-anaknya sendirian.
 
Teknik "menjodohkan secara paksa" ini adalah teknik yang paling efektif dan selalu saya gunakan dalam ternak burung kenari saya.
 
Karena akan terlalu memakan banyak waktu untuk menjodohkan satu persatu seperti proses menjodohkan kenari pada umumnya.

Untuk membuat burung kenari langsung kawin tanpa di jodohkan caranya sangat mudah.
Yang kita perlukan adalah penjantan kenari yang berpengalaman. 
 
Dalam hal ini burung kenari pejantan yang sudah terbukti joss dalam mengawini betina-betina kenari. Kita memerlukan pejantan tangguh.
 
Dalam perawatan harian, burung kenari pejantan ini jangan di satukan dengan burung kenari betina, hal ini untuk menjaga nafsu kawin pejantan tersebut supaya tetap tinggi.


Setelah kita mempunyai burung kenari jantan yang siap untuk mengawini, sekarang kita perhatikan perilaku burung kenari betina. Kalau kenari betina sudah mulai membuat sarang, kita tunggu sarang tersebut sampai benar-benar bulat.
 
Jangan masukkan pejantan apabila sarang masih belum sempurna, apabila Anda memasukkan pejantan ke dalam sangkar betina ketika sarang belum bulat, sama saja Anda menjodohkan kenari seperti pada artikel Rahasia Sukses Menjodohkan Kenari, kedua burung kenari tersebut tidak akan langsung kawin, melainkan akan melakukan penjajakan terlebih dahulu.

Perhatikan juga perut dari kenari betina, supaya Anda terbiasa memperkirakan kapan kenari tersebut akan bertelur.


Semakin sering Anda memperhatikan, maka Anda akan semakin memahami kapan waktu yang tepat untuk memasukkan betina.

Tanda-tanda sarang yang di buat burung kenari betina menunjukkan burung kenari betina siap untuk di kawin, kita dapat melihatnya pada sarang gambar sarang burung kenari berikut ini:
menjodohkan kenari
Proses Pembuatan Sarang Tahap Awal


Sarang Masih Belum Rapi.
Pada tahap ini menunjukkan burung kenari betina belum siap untuk menerima kehadiran kenari pejantan. Kalau Anda melihat sarang masih berbentuk seperti ini, jangan masukkan kenari pejantan ke dalam sangkar kenari betina.


Sarang burung kenari betina dengan bentuk seperti di samping ini menunjukkan bahwa burung kenari betina masih melakukan persiapan untuk melakukan proses perkawinan.

cara menjodohkan burung kenari
Sarang Sudah Mendekati Sempurna

Sarang Sudah Mendekati Rapi
Sarang yang sudah agak rapi seperti gambar sarang burung kenari di samping ini, menunjukkan burung kenari betina sudah siap menerima kehadiran burung kenari pejantan.

Anda bisa memasukkan burung kenari pejantan ke dalam sangkar burung kenari betina ketika sarang untuk bertelur yang dibuat oleh burung kenari betina sudah berbentuk seperti di samping ini.
cara menjodohkan kenari
Sarang Sudah Sempurna

Sarang Sudah Membulat
Pada tahap ini adalah waktu yang paling ideal untuk memasukkan burung kenari pejantan ke dalam sangkar burung kenari betina.
 
Sarang yang sudah membulat, atau sudah rapi, menunjukkan burung kenari betina sudah sangat siap untuk menerima kehadiran burung kenari pejantan.

Biasanya ketika burung kenari pejantan di masukkan ke dalam sangkar burung kenari betina, burung kenari penjantan akan langsung mengawini  burung kenari betina yang memang sudah siap untuk di kawini.

Walaupun sudah di kawini, itu bukan berarti burung kenari betina sudah berjodoh dengan kenari pejantan, adakalanya kenari betina  akan mengejar dan mengusir kenari pejantan.
 
Tapi jangan kawatir, karena setelah burung kenari pejantan mengawini burung kenari betina, 2 atau 3 hari kemudian betina akan mulai bertelur.
 
Dalam sekali proses perjodohan ini, terjadi kurang lebih 2-3 kali kawin.  Ada juga yang hanya satu kali kawin, tapi itu juga sudah cukup untuk membuahi sel telur betina.

Cara menjodohkan burung kenari dengan cara yang satu ini adalah cara yang paling cepat. Setelah pejantan mengawini betina, pejantan bisa di tempatkan lagi dalam sangkarnya.

Semoga Bermanfaat


Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like