Ternak Kenari: Rahasia Sukses Menjodohkan Kenari

cara menjodohkan burung kenari
Banyak yang belum tahu rahasia menjodohkan burung kenari, sehingga sampai saat ini masih banyak yang merasa kesulitan dalam menjodohkan kenari peliharaannya.
 
Untuk menjodohkan burung kenari di perlukan kecermatan kita dalam memahami burung kenari yang kita pelihara. 
 
Dalam hal ini adalah memahami seberapa siap kenari kita untuk di jodohkan.

Rahasia sukses menjodohkan burung kenari terletak pada kematangan usia burung kenari yang kita miliki dan beberapa faktor yang sudah di sebutkan dalam artikel sebelumnya. 
 
Apabila ke empat faktor menjodohkan kenari yang sudah di sebutkan dalam artikel penyebab kenari susah berjodoh tidak Anda temukan pada burung kenari Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengamati kesiapan kenari untuk di jodohkan.

Burung kenari yang siap untuk di jodohkan bisa kita lihat dari perilakunya.
 
Perilaku burung kenari yang menunjukkan tanda-tanda siap di jodohkan, akan memiliki perilaku seperti di bawah ini:

1. Burung Kenari Betina
Biasanya burung kenari betina akan menyobek kertas, atau menunjukkan perilaku senang membawa-bawa sampah dengan paruhnya.
 
Sampah yang seringkali di jadikan mainan adalah sampah dari sayur makanannya yang sudah mengering.
 
Ketika burung betina sudah sering mengangkut sampah dengan paruhnya, hal ini menunjukkan kenari sudah siap untuk di jodohkan.
 
Pada burung kenari betina kita juga dapat melihat bentuk perutnya. Burung kenari betina yang sudah siap untuk di jodohkan memiliki bentuk perut seperti bisul yang akan pecah.
 
Kalau perut sudah seperti bisul, penjodohan kenari akan dengan sangat mudah di lakukan.
 
Jarang sekali burung kenari betina susah di jodohkan ketika sudah memiliki perut dengan bentuk seperti bisul. 
 
Jika kedua hal di atas sudah Anda dapati pada kenari betina Anda, maka saatnya untuk memasukkan burung kenari jantan ke dalam sarang burung kenari betina.

2.Burung Kenari Jantan
Berbeda dengan burung kenari betina, burung kenari jantan menunjukkan siap di jodohkan apabila dia didekatkan dengan burung kenari betina, dia akan mengeluarkan kicauan kenari koleksi terbaiknya sambil mendekati jeruji kandang seolah ingin mendekati si betina.
 
Ada juga perilaku pejantan yang senang mengangkut sampah menggunakan paruhnya, seolah akan membuat sarang. 
 
Pada dasarnya, burung kenari jantan berkicau untuk menarik perhatian dari betina. 
 
Ada yang beranggapan kenari jantan siap di kawinkan apabila sudah berumur di atas 1 tahun. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar.
 
Secara kesiapan mental, kenari di bawah usia 1 tahun juga sudah siap untuk di jadikan indukan dan sudah dapat membuahi betina. 
 
Akan tetapi, memang usia terbaik adalah usia 1 tahun. Karena usia 1tahun adalah usia dimana organ reproduksi sudah matang.

Dari perilaku-perilaku di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa kenari sudah siap untuk di jodohkan. 
 
Apabila kenari yang kita pelihara belum menunjukkan perilaku di atas, maka kenari tersebut belum siap untuk di jodohkanm dan kalau kita memaksakan untuk tetap menjodohkan, maka burung kenari tersebut akan saling menyerang satu sama lain. 
 
Hal ini lah yang menyebabkan kenari susah berjodoh, tentunya selain 4 hal yang sudah di sebutkan sebelumnya dalam artikel menjodohkan kenari sebelumnya.

Baca Artikel Selanjutnya:


Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like