Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Paling Murah

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Paling Murah
Kandang Ternak Kenari

Membuat kandang untuk beternak burung kenari sudah semestinya harus memperhatikan kenyamanan burung kenari.
Burung kenari dapat di katakan sebagai burung yang tidak rewel dalam pemeliharaannya. Jadi tidak membutuhkan perlakuan khusus, sehingga dalam membuat kandang ternak kenari tidak terlalu sulit.

Untuk membuat kandang ternak kenari, tidak ada ukuran baku yang harus di terapkan sebagai ukuran standar kandang untuk berkembang biaknya.
Asal tidak terlalu sempit dan nyaman, kenari akan tetap berkembang biak dengan baik. Tentu juga tidak boleh lupa, bahwa kebutuhan nutrisi burung kenari harus selalu di perhatikan sebagai faktor penunjang keberhasilan beternak burung kenari.

Wiraternak sendiri pernah melihat sebuah peternakan burung kenari di Jogjakarta, dengan ukuran kandang ternak kenari yang menurut wiraternak terlalu sempit.
Dengan ukuran panjang 30cm, lebar 40cm dan tinggi 40cm, kenari tetap dapat berkembang biak dengan baik. Bahkan kenari yang di pelihara tersebu adalah kenari F1 dan F2, bukan kenari-kenari lokal yang memiliki postur lebih kecil.

Seperti yang wiraternak tulis sebelumnya, tidak ada ukuran baku atau ukuran ideal dalam membuat kandang ternak kenari.
Ukuran dapat di katakan ideal ketika kenari yang Anda pelihara sehat dan menghasilkan anakan atau berkembang biak dengan baik.
Begitu juga dengan material atau bahan baku untuk membuat kandang, tidak ada aturan baku yang mengharuskan kandang ternak kenari di buat dari bahan baku tertentu.

"Video kandang ternak kenari sistem koloni"

Kandang untuk beternak burung kenari dapat di katakan ideal, apabila kandang peternakan burung kenari memiliki beberapa point di bawah ini.
Point di bawah ini juga dapat di jadikan sebagai barometer kandang ideal untuk beternak burung kenari.

1. Ruang Gerak Yang Memadai
Mengingat burung kenari yang di pelihara untuk tujuan ternak, maka ruang gerak dalam kandang kenari harus memadai.

Apabila kandang untuk beternak burung kenari yang terlalu sempit, ketika anak kenari sudah mulai keluar dari sarang, kandang kenari akan terasa penuh dan tidak nyaman bagi burung kenari tersebut.
Kandang ternak kenari yang terlalu sempit juga akan menghasilkan kadar amoniak yang tinggi.

2. Sirkulasi Udara Yang Bagus
Mendesain kandang ternak kenari harus memperhatikan sirkulasi udara yang bagus untuk kesehatan burung kenari yang di ternakkan.

Kurangnya sirkulasi udara, akan mengundang penyakit yang merugikan peternakan burung kenari.
Material yang di gunakan sebaiknya bukan material yang dapat mengurangi tingkat sirkulasi udara di dalam kandang ternak kenari.

Disamping material, penempatan kandang ternak kenari juga harus memperhatikan apakah tempat tersebut memiliki sirkulasi udara yang bagus atau tidak

3. Kandang Ternak Yang Tidak Terlalu Besar
Semakin besar kandang ternak burung kenari, maka akan semakin sulit dalam melakukan perawatan terhadap burung kenari yang Anda ternakkan.
Kecuali pada metode beternak burung kenari sistem koloni.

Kandang ternak kenari ideal adalah kandang ternak burung kenari yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Apabila terlalu kecil, kandang akan terasa pengap dan sirkulasi udara tidak bagus. Apabila terlalu besar, Anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan perawatan terhadap burung kenari yang harus mendapat perlakuan khusus.

Misal ada salah satu indukan kenari yang sakit, atau apabila peternakan menggunakan sistem kawin cabut,Anda akan kesulitan dalam menangkap pejantan untuk di pindahkan ke dalam kandang ternak kenari betina.

Anda  dapat menggunakan kemampuan menjangkau tangan Anda sebagai ukuran dalam membuat kandang ternak kenari. Kalau tangan Anda mampu menjangkau setiap sisi dan sudut dari kandang ternak, maka kandang dapat di katakan memiliki ukuran yang sesuai.

4. Aman Bagi Burung
Usahakan jangan menggunakan kandang bambu yang di jual di pasaran dengan tingkat kehalusan jari-jari bambu yang buruk.

Kandang seperti ini sangat membahayakan bagi burung. Dalam memilih kandang untuk beternak, sebaiknya kandang yang di gunakan adalah kandang dengan jari-jari yang halus.

Selain kandang bambu,  biasanya para peternak kenari menggunakan kandang dari kawat kasa atau streamin. 
Untuk membuat kandang ternak kenari dengan kawat kasa, sebaiknya memilih kawat yang memiliki lapisan.
Kawat tanpa lapisan cenderung dapat melukai burung kenari yang Anda ternakkan.

Kandang Ternak Kenari Yang Paling Praktis
Beternak burung kenari tidak terlalu membutuhkan ruangan yang luas. Perkandangan yang di butuhkan pun tidak terlalu rumit dimana Anda harus mengikuti desain kandang dari para peternak burung kenari yang memiliki modal besar.

Berdasarkan pengalaman wiraternak sendiri dalam membuat kandang beternak kenari yang paling murah, adalah menggunakan kandang gantung.

Menggunakan kandang gantung untuk beternak burung kenari, produktifitasnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan kandang besi atau kandang yang Anda desain sendiri.
Disamping itu, dengan menggunakan kandang gantung, Anda tidak memuang banyak waktu untuk membuat kandang ternak burung kenari.

Supaya lebih rapi, kandang gantung yang di gunakan sebagai kandang ternak burung kenari, di tempelkan berjajar di tembok.
Dengan menempelkan berjajar di tembok, ruangan yang Anda gunakan sebagai ruang beternak burung kenari dapat menampung jumlah kandang yang lebih banyak di bandingkan dengan  menggantung kandang tersebut.

Harga pasaran kandang gantung berkisar antara 35ribu-45ribu per unitnya. Menggunakan kandang gantung untuk beternak burung kenari dapat menghemat anggaran pembuatan kandang.
Kalau membuat kandang ternak burung kenari dengan menggunakan triplek atau kawat kasa/streamin, tentu akan memakan dana lebih besar di banding menggunakan kandang gantung.


Kesimpulan
Kandang adalah sarana utama dalam setiap wirausaha peternakan, begitu juga dalam peternakan burung kenari.
Membuat kandang untuk beternak burung kenari tidak harus mahal, tidak harus mewah. Yang menjadi tujuan utama dalam beternak burung kenari adalah bagaimana kenari yang di ternak dapat memberikan produksi terbaiknya, sehingga keuntungan maksimal dapat di capai dalam wirausaha peternakan.


Salam sukses peternakan
Semoga bermanfaat






Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like