7 Penyebab Kenari Lokal Banting Harga Dan Yorkshire Tetap Tahan Harga

beternak kenari
Nama burung kenari tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta burung. Perawatan yang mudah membuat burung kenari banyak yang memelihara.
Merawat burung kenari tidak serepot seperti merawat burung kicauan, ini di sebabkan karena pakan yang mudah di dapat, dan sifat burung kenari yang tidak mudah stress.

Sejak awal tahun 2014 silam sampai tahun 2015 sekarang ini, harga burung kenari terutama burung kenari lokal mengalami penurunan yang tajam. 
Berbeda dengan burung kenari yorkhshire  yang masih tetap bertahan pada harga Rp.5-10 juta per ekornya, burung kenari lokal dewasa pada saat ini ada di kisaran harga Rp.200-350 ribu per ekornya.

Dimana harga burung kenari lokal, pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2013 akhir berada di kisaran harga Rp.350 ribu - 500ribu per ekornya.
Harga burung kenari memang tidak selalu di lihat dari lokal atau importnya, akan tetapi juga di lihat dari kualitas burung itu sendiri.

Walaupun burung kenari lokal, tetap akan mempunyai harga di atas rata-rata burung kenari lokal apabila burung tersebut mempunyai kualitas yang bagus.



1. Meningkatnya Jumlah Peternak Burung Kenari Lokal
Burung kenari adalah salah satu burung yang relatif mudah untuk di ternakkan. Mudahnya beternak burung kenari menyebabkan para pecinta burung melakukan budidaya burung kenari, baik di lakukan dengan tujuan komersil maupun hanya untuk kesenangan semata.

Banyak munculnya peternak burung kenari, khususnya kenari lokal, menyebabkan harga kenari lokal mengalami penurunan sejak awal tahun 2014 silam sampai sekarang.

Munculnya para pemain baru di dunia peternakan burung kenari menyebabkan melimpahnya stok burung kenari lokal di pasaran.
Sesuai dengan hukum pasar, dimana semakin banyak tersedia barang, maka semakin menurun nilai penawaran.

Turunnya harga burung kenari di sebabkan banyaknya para peternak burung kenari yang beternak hanya untuk kesengan semata atau iseng, sehingga ketika jumlah anakan burung kenari sudah banyak, akan di jual tanpa memperhatikan keuntungan.

Berbeda dengan para peternak burung dengan tujuan komersil, dimana harga anakan burung kenari di jual dengan selalu memperhatikan keuntungan dari hasil usahanya.

2. Tidak Menciptakan Anakan Yang Berkualitas
Banyak peternak burung kenari lokal yang beternak hanya mengejar kuantitas atau jumlah produksi pada peternakan burung kenarinya untuk meningkatkan keuntungan.
Meningkatkan kuantitas produksi burung kenari memang dapat di lakukan untuk mendongkrak keuntungkan, akan tetapi seharusnya juga di ikuti dengan meningkatkan kualitas hasil produksi pada peternakan burung kenari tersebut.

Rendahnya kualitas anakan burung kenari yang di hasilkan dari peternakan burung kenari, juga menjadi penyebab menurunnya harga burung kenari, yang pada akhirnya menyebabkan harga burung kenari di tawar dengan harga yang jauh lebih rendah.

3. Adanya Titik Jenuh
Adanya titik jenuh para pecinta burung kenari lokal juga menjadi penyebab menurunnya harga burung kenari. 
Titik jenuh ini berkaitan dengan permintaan pasar. 
Semakin besar titik jenuh para pencinta burung terhadap  satu jenis burung, maka akan semakin rendah permintaan terhadap burung tersebut.

Titik jenuh sebenarnya tidak hanya melanda pada burung kenari. Titik jenuh ini juga di alami oleh beberapa jenis burung dimana kemudian harga burung tersebut mengalami penurunan atau stabil.

4.Harga Indukan Kenari Yorkshire
Harga burung kenari yorkhshire yang masih tinggi menjadi penyebab sedikitnya peternak burung kenari yorkshire.

Sesuai dengan hukum permintaan pasar yang di tulis di awal, dimana semakin banyak tersedia barang, maka semakin menurun nilai penawaran, dan semakin sedikit tersedia barang, maka akan semakin besar nilai permintaan.
Hal ini juga berlaku pada burung kenari yorkshire.

5. Masih Sedikitnya Jumlah Peternak Kenari Yorkshire
Jumlah Peternak burung kenari yorkshre tidak sebanyak apabila di bandingkan dengan jumlah peternak kenari lokal.

Masih sedikitnya jumlah peternak kenari yorkshire tentu di sebabkan karena masih tingginya harga indukan kenari yorkshire di pasaran.

Berdasarkan pantauan wiraternak, harga kenari yorkshire di pasaran masih berkisar antara 5-12juta per ekornya.
Tentu ini bukanlah harga yang murah.
Tingginya harga burung kenari yorkshire ini menyebabkan persaingan pasar tidak sebesar pada burung kenari lokal.

6. Nama Peternak Yang Belum Terkenal
Nama adalah sebuah merk yang dapat meningkatkan harga jual dari sebuah produk. Di butuhkan waktu dan keuletan untuk membangun nama yang baik dalam dunia peternakan burung.

Semakin terkenal nama peternak, maka harga akan semakin bertahan. Karena nama seorang peternak biasanya menyangkut kualitas hasil produksi ternaknya.

Terlebih apabila Anda berhasil membangun nama atau reputasi yang bagus dalam menghasilkan burung kenari yang mempunyai prospek juara dalam kontes burung kenari.

Apabila Anda sudah mempunyai reputasi yang bagus dalam menghasilkan burung prospek juara, sudah pasti Anda dapat menahan harga burung kenari hasil dari peternakan Anda, meskipun itu adalah kenari lokal.

Dalam membangun reputasi dalam dunia peternakan burung, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Reputasi seringkali berkaitan dengan jam terbang atau pengalaman seseorang membidangi suatu hal.

Untuk dapat memiliki reputasi yang bagus dalam peternakan burung kenari, tentu di butuhkan keuletan dan konsistensi dalam menekuni peternakan burung kenari, sehingga lambat laun akan muncul pengakuan terhadap jam terbang pada peternakan burung kenari.


7.Menguasai Pasar
Kesulitan dalam menjual anakan hasil ternak burung kenari seringkali menyebabkan peternak burung kenari menjual hasil ternaknya dengan harga banting-bantingan.

Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi, apabila sudah menguasai jaringan pemasaran untuk memasarkan hasil peternakannya.

Bagi para peternak burung kenari pemula, di sarankan untuk membangun jaringan pasar terlebih dahulu, supaya hasil ternak burung kenari tidak di jual dengan harga yang lebih rendah, karena sangat di sayangkan apabila peternak mengalami penurunan keuntungan dalam peternakannya.


Beternak burung kenari tidak hanya menjawab kebutuhan pasar akan suplai burung kenari dari para peternak burung kenari yang menghasilkan anakan burung kenari tanpa di perhatikan kualitas anakan burung kenari tersebut.

Untuk dapat bertahan dalam wirausaha peternakan burung kenari, sudah seyogyanya para peternak memperhatikan kualitas yang bagus untuk dapat meningkatkan nilai jual hasil produksi peternakannya.

Beternak burung seringkali di hadapkan pada penurunan harga jual yang sedemikian jauh tingkat penurunannya.
Hal ini adalah hal yang biasa pada peternakan burung, karena seiring dengan berjalannya waktu, harga burung kenari pun lambat laun akan naik.

Terlebih apabila peternak mampu menghasilkan produk yang berkualitas pada peternakannya.

Untuk bisa mendapatkan sebuah reputasi dalam peternakan burung kenari, konsistensi dalam beternak burung sangat di perlukan.

Seperti yang ada dalam video peternakan burung kenari di bawah ini.
Video peternakan burung kenari  di bawah ini adalah milik seorang peternak senior dari Irlandia yang bernama Oliver Quinn, dimana beliau menjalani peternakan burung kenari sudah lebih dari 50 tahun.
Tentu pengalaman yang di milikinya sangat banyak mengingat jam terbang yang begitu tinggi dalam dunia peternakan burung kenari

Semoga Bermanfaat.


Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like