Cara Ternak Kenari: Langkah Demi Langkah Sukses Ternak Burung Kenari

cara ternak kenari
Cara ternak burung kenari relatif mudah untuk di pelajari, akan tetapi walaupun mudah di pelajari, untuk mendapatkan keberhasilan dalam beternak burung kenari, kita tidak boleh menyepelekan hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian kita.

Terlepas apapun tujuan dalam beternak burung kenari, entah itu untuk tujuan komersial ataupun untuk tujuan coba-coba, kita tetap harus memperhatikan faktor penentu keberhasilan dalam beternak burung kenari.

Dalam beternak burung kenari, indikator penentu keberhasilan dalam peternakan burung kenari dapat dilihat pada  dua hal, yaitu:

1. Keberhasilan secara produksi
2. Keberhasilan secara penyerapan pasar


Keberhasilan Secara Produksi
Indikator keberhasilan secara produksi dapat kita lihat pada seberapa cepat pertumbuhan dalam peternakan itu berkembang.
Faktor yang melatar belakangi kesuksesan dalam peternakan burung kenari secara produksi ada 3 hal, yaitu sebagai berikut:
1. Kualitas Indukan burung kenari
2. Pola perawatan
3. Kualitas makanan

Kualitas Indukan Burung Kenari

Setiap makhluk hidup membawa gen dari tetua nya. Begitu juga dengan burung kenari. Pada induk betina burung kenari, ada yang dapat menghasilkan telur 5 butir dalam setiap periode produksi, ada yang hanya menghasilkan 2 butir dalam setiap periode produksi.

Untuk mempercepat pertumbuhan dalam wirausaha peternakan burung kenari, tentu kita harus melakukan seleksi indukan dengan hanya menggunakan indukan yang mempunyai kapasitas telur banyak.Atau kalau kita tidak dapat melakukan seleksi, kita dapat membeli indukan pada peternak burung kenari yang kita percayai.

Karena sudah bukan rahasia lagi, banyak penjual burung atau peternak yang mengesampingkan kejujuran untuk mendapatkan keuntungan.
Pola Perawatan
Pola perawatan dalam peternakan burung kenari juga menjadi salah satu kunci sukses dalam peternakan burung kenari. Untuk mendapatkan hasil peternakan yang bagus dan sehat, kita harus memperhatikan perawatan kandang burung kenari.

Walaupun burung kenari mempunyai karakter tidak mudah stress, akan tetapi kebersihan kandang sangat berpengaruh terhadap produktifitas burung kenari.
Kualitas Makanan
Burung kenari betina membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi untuk memproduksi telur. Untuk meningkatkan kemampuan produksi burung kenari betina,kita harus memperhatikan kualitas makanan yang kita berikan kepada burung kenari yang kita ternakkan.

Apabila kita hanya memberikan makanan seadanya, maka burung kenari juga akan memberikan kemampuan produksi semampunya dan semaunya. Tentu kita harus ikhlas menerimanya.

Keberhasilan Secara Penyerapan Pasar
Tidak kita pungkiri, harga burung kenari mengalami naik turun, khususnya untuk kenari jenis lokal. Kenari jenis lokal banyak sekali yang membudidayakannya, sehingga membuat stok kenari lokal melimpah di pasaran.

Baca Artikel: 
7 Penyebab Kenari Lokal Banting Harga Dan Yorkshire Tetap Tahan Harga
 

Untuk mengantisipasi tidak terserapnya produksi ternak burung kenari yang kita pelihara, kita harus mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

Kalau tata kelola peternakan yang kita geluti kurang bagus, tentu kita juga akan menghasilkan kualitas produk yang kurang bagus, sehingga produk yang kita hasilkan tidak terserap pasar secara maksimal.

Langkah Demi Langkah Beternak Burung Kenari
Untuk mendapatkan kesuksesan dalam beternak burung kenari, kita harus memperhatikan langkah demi langkah yang harus di lakukan sebelum kita benar-benar akan menekuni dunia peternakan burung kenari.


1. Pemilihan Indukan
Memilih indukan burung kenari memang terlihat sepele, karena burung kenari cenderung mudah untuk di ternakkan, sering sekali peternak pemula tidak memperhatikan kualitas indukan yang akan di pelihara, yang penting bisa di ternakkan,ya di ternakkan.


Indukan burung kenari akan mewariskan gen kepada anakan burung kenari. Untuk itu kita harus jeli dalam memilih burung kenari.

Kecuali kalau kita hanya bertujuan untuk memproduksi anakan burung kenari secara masal, kualitas indukan burung kenari tidak terlalu di permasalahkan.

Untuk mengawali langkah dalam beternak burung kenari, pilihlah indukan burung kenari yang sudah matang usianya, kalau kita menggunakan indukan burung kenari yang masih muda, hasil produksi nya seringkali kurang bagus.

Karena organ reproduksi burung kenari masih belum matang.
Dengan menggunakan indukan yang sudah siap secara usia, maka burung kenari juga akan lebih cepat bereproduksi.

2. Persiapan Kandang
Kandang memegang peranan penting dalam beternak burung kenari, untuk dapat menghasilkan produksi yang maksimal, kandang yang nyaman untuk berproduksi sudah pasti harus kita siapkan.

Artikel Mengenai perkandangan burung kenari sudah pernah wiraternak publikasikan dalam tulisan yang berjudul :
1.Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Paling Murah
2. 2 Tipe Kandang Ternak Kenari
3.Kandang Ternak Kenari Yang Bagus

3. Penjodohan
Banyak peternak kenari pemula yang sering menanyakan kepada wiraternak bagaimana cara menjodohkan burung kenari.
Untuk menjodohkan burung kenari sebenarnya tidak terlalu sulit, karena kenari akan sangat mudah berjodoh ketika kenari sudah birahi atau sudah memasuki usia bereproduksi.

Wiraternak sudah pernah mengupas tuntas dan detail proses penjodohan burung kenari.
Silahkan Anda baca pada artikel yang berjudul:

1.Ternak Kenari: Rahasia Sukses Menjodohkan Kenari
2.Ternak Kenari: Cara Membuat Kenari Langsung Kawin Tanpa Dijodohkan
3.Ternak Kenari: 4 Hal Penyebab Kenari Tidak Mau Berjodoh

Setelah kenari melakukan perkawinan, biasanya 3 hari kemudian burung kenari akan menghasilkan telur pertamanya.
Pada telur ke dua, burung kenari akan mulai mengerami telurnya.

Ada juga tipikal indukan kenari yang sudah mengeram ketika menghasilkan telur pertamanya, biasanya burung kenari yang menghasilkan indukan pertama langsung mengeram adalah indukan burung kenari tipe protektif.

Kita akan mengetahui karakter indukan burung kenari mulai dari burung kenari menghasilkan telur pertamanya.
Setelah indukan betina burung kenari mengeram dan kemudian telur menetas, kita baru akan dapat menyimpulkan kualitas indukan kenari tersebut termasuk bagus atau tidak.

Karena tidak sedikit indukan burung kenari yang tidak mampu meloloh anakannya dengan baik, sehingga anakanyang di hasilkan cenderung kurus dan kecil.

Indukan burung kenari yang bagus, akan menghasilkan anakan yang bagus, karena kemampuan dalam merawat anakannya.

Semoga bermanfaat.






Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like