Usaha Peternakan

Usaha Peternakan adalah usaha yang sangat menjanjikan apabila dikerjakan dengan tekun, sabar, teliti dan penuh kerja keras. Usaha peternakan sama dengan usaha-usaha yang lain, ada pasang surutnya, ada resiko-resikonya, ada kendala-kendalanya. Tidak ada satupun jenis usaha yang tidak mempunyai resiko. Semua usaha sudah pasti mempunyai resiko.

Adalah sebuah pemikiran yang kurang tepat apabila menganggap usaha peternakan adalah usaha yang bersangkutan dengan nyawa dan akan mempunyai resiko kerugian yang besar dibandingkan dengan jenis usaha yang lainnya apabila mengalami tingkat kematian yang tinggi pada binatang ternak yang kita miliki. Jenis usaha apapun yang dijalani oleh seseorang pasti akan mempunyai resiko. Tinggi besarnya resiko yang ada sangat tergantung pada sebagus apa manajemen resiko di terapkan pada pelaksanaan usaha.

Pada usaha peternakan, manajemen resiko yang perlu di terapkan adalah bagaimana caranya mengantisipasi penyakit supaya jangan sampai menyerang ternak, bagaimana caranya meningkatkan produktifitas peternakan sehingga hasil ternak yang didapatkan sesuai dengan apa yang di harapkan. Apabila manajemen resiko diterapkan dengan ketat, maka ancaman-ancaman yang selama ini menjadi momok para peternak akan dapat di singkirkan.

Usaha peternakan adalah sebuah cara untuk menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dengan menjalani usaha peternakan ini kita dapat membantu mengurangi angka pengangguran. Akan tetapi alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam dunia ternak, kita mencoba mencari informasi tentang usaha ternak yang akan kita jalani, diantaranya:
  • Sifat-sifat binatang ternak yang akan kita pilih
  • Tata cara pemeliharaan
  • Pangsa pasar usaha ternak kita, 
  • Ketersediaan kebutuhan pakan, standar asupan gizi pakan 
  • Perkandangan
  • Penyakit
  • Pengobatan penyakit
Apabila faktor-faktor di atas di jalankan, Insya Allah usaha peternakan yang akan kita jalankan akan memberikan hasil yang memuaskan.
Selamat beternak dan semoga sukses

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like