Kalau Kita Memenuhi Keinginannya, Ayam pun Akan Cepat Besar

Jenis ayam apapun yang kita pelihara, pasti kita menginginkan supaya ayam yang kita pelihara bagus pertumbuhannya, dan jauh dari segala macam penyakit.

Untuk dapat memiliki ayam kampung yang cepat pertumbuhannya dan jauh dari segala macam penyakit, kita harus melakukan evaluasi kepada diri kita sendiri, sudah sebagus apakah tata kelola peternakan kita?.
 
Kalau kita sudah melakukan tata kelola peternakan dengan sebaik mungkin, kita akan tahu letak kekurangan dalam peternakan kita, sehingga kita dapat lebih cepat dalam mengambil langkah perbaikan secepatnya.

Salah satu faktor yang membuat ayam kita sehat dan pertumbuhan ayam kita cepat besar adalah faktor nutrisi yang kita berikan. Sudah sebaik apakah nutrisi yang di konsumsi ayam kita.
 
Kalau ayam kita masih mengkonsumsi nutrisi seadanya, apabila pertumbuhannya lambat, itu adalah hal yang sangat wajar apabila ayam yang kita pelihara mengalami pertumbuhan yang lambat.


Peternak yang sudah lama menjalani usaha peternakannya pasti tidak asing lagi dengan beberapa feed suplemen yang sangat membantu keberhasilan usaha ternaknya. 
 
Kandungan nutrisi pada konsentrat yang dapat di katakan mencukupi, kalau kita cermati ternyata masih ada unsur-unsur atau komponen nutrisi yang belum tersedia secara maksimal di dalam konsentrat.

Nutrisi yang biasanya memiliki kandungan sedikit pada konsentrat adalah beberapa vitamin dan asam amino yang sangat di butuhkan oleh ternak kita untuk menunjang produksinya. 
 
Sementara tidak semua asam amino dapat di produksi sendiri oleh tubuh ternak. Asam amino yang tidak dapat di produksi oleh ternak adalah asam amino essensial, sehingga kita harus memberikan tambahan asam amino pada ransum supaya kebutuhan asam amino di dalam tubuh ternak tercukupi. 
 
Sayang sekali harga asam amino di toko-toko ternak masih sangat mahal. Tetapi walaupun mahal banyak peternak yang tetap menggunakannya mengingat besarnya manfaat yang di butuhkan oleh ternak yang di pelihara.

Nutrisi yang terkandung di dalam pakan di gunakan oleh ternak tidak hanya untuk memproduksi telur atau daging, tetapi juga untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, untuk memproduksi sperma, untuk memproduksi bulu dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
 
Pada ayam pedaging, ayam kampung pedaging, dan bebek pedaging, pada awal pertumbuhan nutrisi dibutuhkan untuk membentuk organ-organ dalam tubuh dan setelah organ didalam tubuh terbentuk secara sempurna kemudian nutrisi yang terkandung didalam pakan yang di konsumsi oleh ternak kita akan di gunakan untuk pertumbuhan bulu dan pertumbuhan daging.

Memberikan pakan dengan kualitas nutrisi yang baik adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai peternak, karena nutrisi yang terkandung di dalam pakan ternak sangat berkaitan erat dengan percepatan pertumbuhan dan kualitas produksi ternak kita. 
 
Akan tetapi kita seringkali terhalangi oleh pemikiran bahwa nutrisi yang baik itu mahal.
Kita jarang sekali berpikir, bahwa biaya yang kita keluarkan itu akan tertutupi dengan sendirinya apabila ayam yang kita pelihara mempunyai pertumbuhan yang bagus dan kita dapat menekan angka kematian pada ayam yang kita ternak sekecil mungkin.

Semahal-mahalnya biaya yang kita keluarkan untuk memberikan perawatan yang maksimal terhadap ayam yang kita pelihara, hasilnya pasti tetap akan menutupi pengeluaran yang kita lakukan apabila ktia mampu memperhitungkan antara pengeluaran dan kebutuhan nutrisi bagi ayam yang kita pelihara.

Sangat di sayangkan, sampai saat ini masih banyak yang memelihara ayam kampung dengan cara tradisional tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh ayam kampung yang di pelihara. Di mana ayam kampung yang di pelihara hanya di beri makan dedak atau bekatul tanpa tambahan makanan lainnya.

Padahal kalau kita mau menelisik lebih jauh, kandungan nutrisi pada dedak padi, amat sangat kurang mencukupi kebutuhan nutrisi ayam kampung yang kita pelihara.

Dengan kurangnya nutrisi pada ayam yang kita pelihara, akan banyak memberikan pengaruh pada peternakan ayam kampung kita.
Pengaruh yang ada tentunya adalah pengaruh buruk.

Supaya ayam yang kita pelihara cepat besar, tata kelola peternakan yang bagus tentunya menjadi kunci satu-satunya untuk mendukung pertumbuhan peternakan ayam kampung kita supaya menjadi lebih bagus.

Semoga bermanfaat

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like