Supaya Ayam Kampung Lebih Kebal Penyakit

budidaya ayam kampungPada tulisan sebelumnya wiraternak pernah membahas tentang fakta bahwa ayam kampung bukanlah ayam yang kebal penyakit. 
 
Kesimpulan ini bukanlah kesimpulan tanpa pengamatan, tetapi berdasarkan pengalaman memelihara ayam kampung dan melihat dari jumlah ayam kampung tetangga yang terserang penyakit menjelang musim hujan. 
 
Dan tingkat kematian ayam warga yang lumayan tinggi ketika penyakit menyerang bahkan ada yang ayamnya habis sampai ke anakannya. Bukankah ini fakta yang sangat jelas membantah tentang asumsi ayam kampung yang kebal penyakit?

Ada beberapa hal supaya ayam kampung lebih kebal terhadap serangan penyakit dibandingkan dengan ayam kampung pada umumnya yang dipelihara secara umbaran. 
 
Terutama ketika musim hujan datang dimana biasanya ayam kampung akan terlihat menunjukkan gejala terserang penyakit.

Penyakit yang paling sering menyerang ayam kampung pada musim hujan adalah penyakit infeksi pernafasan atau ngorok ayam. Ada juga beberapa kasus munculnya penyakit tetelo atau newcastle desease. 
 
Pada temperature lingkungan yang ekstrim biasanya terdapat juga ayam yang mati mendadak akibat stress karena cuaca yang diluar toleransi. stress akibat cuaca pada ayam yang sehat akan menjadi cikal bakal munculnya penyakit yang lain.

Supaya ayam kampung yang kita pelihara mempunyai kekebalan tubuh yang bagus ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.
Berikut ini beberapa cara supaya ayam kampung lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Vaksinasi.
Lakukan vaksinasi yang teratur pada ayam-ayam yang kita pelihara. Jadwal Vaksinasi bisa dilakukan dengan cara vaksinasi anak ayam umur 4 hari, diulang pada umur 4 minggu dan diulang lagi pada umur 4 bulan. Atau disebut sistem vaksinasi 444.

Vaksin yang digunakan vaksin ND Life untuk penyakit tetelo, dan vaksin coryza karena pada ayam kampung penyakit ND dan coryza adalah penyakit yang paling sering ditemukan.

Kualitas dan Kuantitas Ransum.
Apa jadinya jika makanan yang kita makan tidak bergizi, dan jumlahnya hanya sedikit? tentu kita akan mengalami gejala kekurangan gizi, dengan adanya kekurangan gizi tentu kekebalan tubuh kita akan berkurang. 

Begitu juga dengan ayam. Kita harus waspada ketika kita melihat ayam kita kurang memiliki nafsu makan. Karena ayam yang memilik nafsu makan yang rendah sangat rentan terhadap serangan penyakit
 
Kebutuhan rata-rata jumlah pakan ayam kampung per ekor adalah 80gram untuk ayam betina dan 120 gram untuk ayam jantan. Kebutuhan protein berkisar antara 14-18%.

Dengan tercukupinya kualitas dan kuantitas ransum,pertumbuhan dan kesehatan ayam akan lebih baik.

Hindari Cekaman Stress Pada Ayam
Banyak yang tidak mengira kalau stress pada ayam akan sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh ayam. Disamping berpengaruh pada kekebalan tubuh ayam, stress juga berpengaruh pada produktifitas. 
 
Ketika ayam terserang stress maka nafsu makan ayam akan menurun. Konsumsi ideal ransum tidak akan terpenuhi dan akhirnya ayam akan lebih mudah terserang penyakit. 
 
Untuk menghindari stress kususnya pada musim hujan, tutup kandang dengan terpal atau dapat juga diberi penghangat dengan menempatkan lampu pijar 10watt per meter persegi.
 
Hal ini berlaku tidak hanya pada pemeliharaan ayam kampung secara intensif, tapi berlaku juga pada pemeliharaan ayam kampung umbaran.

Pemberian Vitamin
Pemberian vitamin dapat juga meningkatkan kekebalan tubuh ayam. Karena ayam juga memiliki kebutuhan vitamin didalam tubuhnya. 
 
Apabila anda tidak menyukai atau enggan mengeluarkan dana untuk pembelian vitamin sintesis buatan pabrik, anda juga bisa menggunakan kunyit danlengkuas yang dicampur dalam ransum atau diberikan pada air minum. 
 
Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin didalam tubuhnya,ayam akan lebih sehat,kuat dan tidak mudah terserang penyakit meskipun musim hujan datang.

Jaga Kebersihan Kandang.
Kebersihan kandang adalah faktor yang penting bagi kesehatan ayam, terlebih ketika musim hujan datang. 
 
Pada saat musim hujan,kandungan air di dalam tanah akan meningkat dan kelembaban udara didalam kandang akan meningkat juga. 
 
Tingginya kelembaban udara pada kandang akan memudahkan tumbuhnya bibit penyakit. Tentunya hal ini harus kita hindari supaya ayam-ayam kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, ayam-ayam yang kita pelihara akan memberikan hasil yang maksimal sesuai keinginan kita. 
 
Apa yang kita berikan ke ayam akan sesuai dengan apa yang ayam berikan ke kita.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like