Cara Agar Ikan Guppy Cepat Bertelur Dan Beranak Banyak

cara membuat ikan guppy cepat bertelu dan beranak

Cara Supaya Ikan Guppy Cepat Beranak

Banyak para peternak ikan guppy pemula, yang tidak sabar dan mengharap supaya ikan guppy yang dibudidayakan cepat beranak. Bagaimana cara ikan guppy cepat beranak?
Pada artikel ini, wiraternak akan berbagi pengalaman ketika beternak ikan guppy, ikan hias yang penuh dengan warna-warna indah.
 
{tocify} $title={Table of Contents}
 
Guppy adalah ikan hias yang sampai saat ini masih memiliki penggemar sendiri. Untuk anda pecinta aquascape, anda dapat memasukkan ikan guppy ke dalam aquascape anda. tentu saja, jangan di campur dengan ikan hias teritorial, karena ikan guppy akan di serang habis-habisan

Untuk membuat ikan guppy yang anda ternakkan cepat bertelur dan memiliki anak yang banyak, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Usia Indukan

Proses perkembang biakan ikan guppy, berbeda dengan jenis ikan hias lainnya. Ikan guppy akan menyimpan telurnya di dalam perutnya yang buncit, kemudian ketika usia kehamilan sudah ada pada hari ke 22-26, ikan guppy akan melahirkan anak-anaknya.

Usia indukan yang bagus untuk ikan guppy, baik jantan maupun betina, minimal berusia 3,5 bulan, akan lebih baik jika indukan berusia 4 bulan.

Dengan usia indukan yang sudah matang, organ reproduksi indukan guppy juga sudah siap untuk melakukan proses perkembang biakan.

Jika anda ingin ikan guppy yang anda ternak cepat bertelur dan beranak, maka pastikan usia indukan ikan guppy anda sudah siap untuk berkembang biak.

Anda dapat memaksakan ikan guppy di kawinkan pada usia di bawah 3,5 bulan, dan hasilnya bisa anda lihat sendiri, banyak sedikitnya anakan, bisa anda jadikan kesimpulan.

Makanan Ikan Guppy

Pastikan anda memberikan makanan yang memiliki kandungan nutrisi cukup untuk ikan guppy yang anda ternakkan. Kecukupan asupan nutrisi, akan sangat berpengaruh pada jumlah anakan yang di hasilkan pada ikan guppy anda.

Dengan menggunakan pelet MeM, ikan guppy dapat melahirkan anakan sebanyak 30-70 ekor. Selama memelihara ikan guppy, wiraternak belum pernah mencoba pelet merk lain. Jadi tidak berani bercerita mengenai hasil dari penggunakan pelet merk lain.

Makanan yang paling bagus,supaya guppy cepat bertelur dan beranak banyak, adalah makanan hidup, seperti kutu air dan artemia. Anda dapat memilih salah satu.

Ketika  induk betina guppy sedang hamil, berilah makanan kutu air sebagai makanan utama. Dari pengalaman wiraternak, dengan memberikan makanan kutu air pada indukan guppy yang sedang hami, ketika melahirkan jumlah anakannya sangat banyak, pernah kami hitung, jumlah anakan ikan guppy, sebanyak 114.

Stres dan Gangguan Kesehatan Indukan Ikan Guppy

Stress dan kesehatan indukan, tentu sangat berpengaruh pada kemampuan produksi indukan ikan guppy yang anda ternakkan. 
 
Stress pada ikan guppy, bisa disebabkan banyak hal. Bisa karena air yang kurang bersih, atau kondisi tempat pemeliharaan yang kurang mendukung.

Sementara untuk gangguan kesehatan, dapat disebabkan oleh jamur yang menyerang pada indukan guppy. Untuk penyakit-penyakit seperti sisik nanas, fin root, tidak hanya menyebabkan ikan guppy tidak bereproduksi, tapi juga dapat menyebabkan kematian pada ikan guppy anda.
 P

Perbandingan Jumlah Pejantan Ikan Guppy 

Agar ikan guppy cepat bertelur, anda dapat menggunakan perbandingan pejantan 2:1, yaitu 2 pejantan guppy untuk 1 betina ikan guppy.
 
Dengan perbandingan ini, terbukti mampu mempercepat ikan guppy untuk bertelur, karena akan dibuahi terus menerus oleh pejantan yang berbeda-beda.

Penggunaan pejantan ini, wajib hukumnya menggunakan jenis yang sama dengan indukan betina ikan guppy. Kecuali anda memang bertujuan untuk mencetak guppy cendolan alias guppy dengan genetik campuran, dimana biasanya warnanya tidak beraturan, dan harga jualnya juga murah meriah.

Kesimpulan

Dari paparan di atas, dapat diambil kesimpulan tentang Cara supaya ikan guppy cepat bertelur dan beranak banyak sebagai berikut:
  • Usia indukan minimal 3,5 bulan
  • Pemberian makanan hidup seperti, kutu air, artemia, terbukti dapat memperbanyak jumlah anakan ikan guppy yang anda ternakkan. Penggunaan pelet MeM saja, indukan betina akan melahirkan 30-70 anakan. Penggunakan kutu air Indukan betina dapat melahirkan anakan 70 ekor ke atas.
  • Stress dan terganggunya kesehatan pada indukan ikan guppy, dapat menyebabkan penurunan produktifitas
  • Perbandingan jumlah penjantan dan betina 2:1, dapat membuat ikan guppy cepat bertelur
Dalam menjalankan usaha peternakan, semua peternak pasti menginginkan keuntungan yang besar, dan untuk mencapai keuntungan yang besar ini, kita harus membuat hewan yang kita ternakkan  merasa nyaman dan bahagia, sama seperti beternak ikan guppy.

Jika ikan guppy yang anda ternakkan sehat, nyaman dan bahagia, pasti ikan guppy anda rajin bertelur dan beranak banyak, sehingga anda pun pada akhirnya dapat meraih keuntungan yang banyak dari wirausaha peternakan ikan hias, dalam hal ini ikan guppy.

Semoga bermanfaat.


Untuk artikel peternakan lain, dapat dilihat pada Daftar isi lengkap Artikel Peternakan

 

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like