Cara Beternak Ikan Guppy Untuk Pemula


 cara beternak ikan guppy untuk pemula

Cara Beternak Ikan Guppy Sangat Mudah, Pemula Sekalipun Pasti Bisa

Cara beternak ikan guppy relatif mudah, bahkan untuk pemula sekalipun, bisa dipastikan dapat membudidayakan ikan guppy. Ikan hias warna-warni dengan nama latin Poecilia reticula ini, sudah sangat lama di kenal masyarakat Indonesia, khususnya pecinta ikan hias.

Ikan guppy, dari masa ke masa tetap bertahan dan di sukai sebagai ikan hias, popularitasnya tidak melambung, tidak juga turun. Berbeda dengan jenis ikan hias lainnya, sebut saja Ikan Cupang dan Ikan Louhan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pada awal tahun 2000 an, ikan Louhan sempat melambung, dan menyentuh harga fantastis. Begitu juga dengan ikan Cupang, ketika covid melanda, ikan cupang menjadi ikan hias mahal, dengan harga yang sampai menyentuh angka 60 juta rupiah, untuk jenis ikan cupang blue rim.

Sekarang ini, ikan cupang dan ikan louhan, harganya sudah sangat terjangkau. Tidak seperti ketika pada zaman ikan-ikan tersebut sedang trending.

Cara Beternak Ikan Guppy

Sebelum anda memulai untuk beternak ikan guppy, pastikan dulu tujuan anda membudidayakan ikan guppy. Apakah untuk tujuan bisnis atau hanya sekedar hobi.

Secara teknis, beternak ikan guppy, mau ditujukan untuk bisnis ataupun untuk hobi, adalah sama saja. Yang harus anda pertimbangkan adalah, ikan guppy ini cepat sekali berkembang biaknya. Jadi, jika anda memelihara ikan guppy, sekedar untuk iseng, itu akan memenuhi aquarium anda.

Di sisi lain, ketika tujuan anda memelihara ikan guppy adalah untuk bisnis, maka anda harus memastikan, tersedianya market untuk ikan guppy hasil ternak anda.

Langkah-Langkah Beternak Ikan Guppy

Untuk memulai budidaya ikan guppy, berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ambil agar segera bisa memulai beternak ikan guppy.
 

1. Persiapkan Indukan Jantan dan Betina

Langkah pertama untuk beternak ikan guppy, tentu saja anda harus mempunyai, minimal sepasang ikan guppy. Lebih banyak, akan lebih bagus, karena produktifitasnya akan meningkat.

Usahakan untuk membeli indukan pada peternak yang mempunyai pencatatan yang baik pada sistem peternakannya. Dengan adanya pencatatan yang baik, kita akan mengetahui secara pasti (mendekati pasti) usia indukan ikan guppy yang akan di jadikan indukan pada peternakan ikan guppy anda.

Usahakan memilih indukan guppy, minimal berusia 3,5 bulan.

Cara membedakan ikan guppy jantan dan betina sangatlah mudah. Ikan guppy jantan memiliki ekor yang indah dan warna warni, sementara indukan betina, hanya berwarna Grey, atau abu-abu, memiliki perut yang besar. Anda bisa lihat pada gambar di bawah ini untuk membedakan ikan guppy jantan dan ikan guppy betina.



perbedaan ikan guppy jantan dan betina

2. Jenis Indukan

Seperti yang wiraternak informasikan di atas, ketika tujuan anda beternak ikan guppy untuk bisnis, anda harus memilih indukan yang memiliki kualitas genetik yang bagus.
 
Ikan guppy dengan kualitas genetik yang bagus, memiliki harga jual yang lebih bagus, dibandingkan ikan guppy yang genetiknya campur baur, alias tidak jelas.
 
Terjadinya kekacauan genetik pada ikan guppy, biasanya karena mencampurkan ikan guppy dengan bermacam warna, pada satu aquarium. Sehingga terjadilah persilangan-persilangan yang mengacaukan warna pada anakan-anakan ikan guppy.

Jadi, tempatkan satu indukan dengan jenis yang sama pada satu tempat, jangan mencampur, karena akan merusak warna anakan ikan guppy.
 

3. Tempat Budidaya 

Ikan guppy, dapat di budidayakan di mana saja, bisa dengan menggunakan aquarium, ember, atau box sterefoam atau kolam semen.
 
Semakin luas tempat budidaya, maka akan dapat menampung jumlah indukan yang banyak. Sehingga, produktifitas ikan guppy yang anda budidayakan, akan sangat tinggi. Dengan begitu, anda dapat panen ikan guppy dalam jumlah yang banyak setiap bulannya.
 

4. Makanan Ikan Guppy

Makanan ikan guppy, tidaklah sulit dan rumit. Untuk beternak ikan guppy, anda dapat menggunakan pelet yang berukuran 200-800 micron pada ikan guppy yang anda pelihara.

Anda dapat juga memberikan makanan hidup, seperti kutu air, atau artemia. Untuk artemia, bisa dikatakan harganya relatif mahal untuk skala ternak, tapi sangat bagus untuk menguatkan warna ikan guppy yang anda budidayakan.

Salah satu pakan ikan guppy berbentuk pelet yang menjadi andalan Wiraternak, adalah pelet MEM Prime, dengan ukuran 200/300 untuk burayak, atau anakan ikan guppy, dan ukuran 300/500 untuk ikan guppy dewasa, atau indukan.

Untuk pembelian pelet MeM Prime, bisa kunjungi di sini >> Penjual Pelet MeM
 
5. Cara Mengawinkan Ikan Guppy
 
Cara mengawinkan ikan guppy sangatlah mudah, anda cukup menempatkan pejantan dan betina dalam satu wadah atau tempat budidaya.

Ketika ikan guppy merasa nyaman dengan tempat tinggal barunya, ikan guppy akan segera kawin. Perkawinan ikan guppy, akan terlihat ketika pejantan mengejar-ngejar betina dan berenang sambil merapat ke betina ikan guppy.

Kelebihan ikan guppy, meskipun di kawin hanya satu kali oleh pejantan, ikan guppy akan dapat melahirkan 2-3 kali. Jadi, kalaupun pejantan yang anda pelihara tidak berumur panjang, itu tidak masalah. Karena setelah melahirkan, ikan guppy akan segera hamil lagi.

Setelah ikan guppy betina hamil, ikan guppy akan melahirkan anakannya, ketika ikan usia hari ke 22 sampai dengan hari ke 26 usia kehamilan ikan guppy.

6. Berapa Jumlah Anakan Ikan Guppy?

Ikan guppy betina, akan melahirkan anakan dengan jumlah variatif. Berdasarkan pengalaman Wiraternak sendiri, ikan guppy akan beranak sebanyak 30-70 ekor dalam satu kali melahirkan.
 
Biasanya, ikan guppy yang baru beranak satu kali, akan melahirkan 30-40 ekor. Tapi untuk kali keduanya, ikan guppy, dapat melahirkan anakan sebanyak 70 ekor.
 

7. Penanganan Setelah Anak Ikan Guppy Lahir 

Dalam budidaya ikan guppy, wiraternak selalu memisahkan anak-anak ikan guppy dalam aquarium tersendiri, dan di beri catatan.

Pencatatan ini sangat penting dalam budidaya apapun. Karena dengan pencatatan, kita dapat mengetahui usia indukan, ataupun calon indukan hewan ternak kita.
 
Pemisahan anakan dari indukannya ini, untuk menghindari kanibalisme, dimana anakan ikan guppy akan di makan oleh indukan yang lain.
 
Indukan ikan guppy memakan anakan, sering terjadi pada indukan ikan guppy dengan jenis Albino Full Red (AFR), Metal Snake Skin Red Grass (MSSRG)

Di luar jenis ikan guppy berwarna merah, sangat jarang terjadi anakan ikan guppy di makan oleh induknya. Tapi akan lebih baik anda segera memisahkan, daripada terjadi hal-hal yang harus di hindari.

Kesimpulan

Beternak ikan guppy memang sangat mudah, meskipun anda seorang pemula. Karena proses perkembang biakan ikan gupp, sangat cepat, dan tidak membutuhkan penanganan khusus.
 
Meskipun beternak ikan guppy itu mudah, sangat disarankan anda memulai budidaya ikan guppy di aquarium, sehingga anda dapat mempelajari karakter ikan guppy. Karena ilmu dan pengalaman, adalah salah satu penunjang kesuksesan anda dalam beternak ikan guppy.
 
Ikan guppy memang rajin beranak, tapi ketika anda memutuskan beternak ikan guppy untuk dijadikan bisnis, anda harus dapat memahami, kemampuan kapasitas produksi anda, dan kebutuhan pasar.
Untuk menjual ikan guppy, anda dapat bekerja sama dengan toko yang menjual ikan hias.
 
Demikian artikel Cara Beternak Ikan Guppy Untuk Pemula, semoga dapat menjadi manfaat untuk kita semua.

Jika anda mempunyai pengalaman dalam peternak ikan guppy, silahkan sharing pengetahuan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, maju terus peternakan indonesia!

Untuk artikel peternakan lain, dapat dilihat pada Daftar isi lengkap Artikel Peternakan

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like