Cara Beternak Jangkrik Pemula

Cara Beternak Jangkrik Pemula

Pendahuluan

Kebutuhan akan jangkrik, relatif meningkat seiring meningkatnya jumlah penggemar burung kicauan. Hal ini adalah wajar, mengingat meningkatnya komunitas penggemar burung kicauan, dimana mereka seringkali melakukan mulai dari latihan bersama atau latber, sampai mengikuti kejuaran-kejuaraan lomba burung kicauan. Nah, yang namanya burung kicauan, kebanyakan membutuhkan jangkrik sebagai asupan nutrisinya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Baca juga:

Panduan Belajar Beternak Jangkrik, Skala Uji Coba

Masa Panen Ternak Jangkrik

Dalam usaha budidaya jangkrik atau beternak jangkrik, kebanyakan peternak pemula yang akan beternak jangkrik pasti menanyakan, kapan masa panen akan di lakukan? atau berapa lama masa panen ternak jangkrik?

Panen jangkrik dapat dimulai setelah anakan jangkrik berumur empat puluh hingga lima puluh hari (40 -50 hari) . Pada usia ini, anakan jangkrik sudah terlihat besar dan panjangnya sekitar dua sentimeter, dan di punggungnya mulai terlihat sebagian sisi yang akan menjadi sayap.

Masa Awal Ternak Jangkrik

Penanaman jangkrik dewasa dapat dimulai setelah anakan jangkrik berusia lima puluh hingga enam puluh hari. 

Pada usia ini, sistem perubahan kulit telah dimulai, yang menunjukkan transisi dari jangkrik muda ke jangkrik dewasa. Sayap di bagian punggungnya telah tumbuh dengan baik dan menutupi setiap sisi badan jangkrik.

Proses panen juga siap jika jangkrik peliharaan tiba pada tahap ini. Untuk memanen jangkrik, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

Langkah-langkah untuk Memanen Jangkrik dan Aktivitas Setelah Panen


  1. Pertama-tama, buat tempat untuk jangkrik bersembunyi dalam karung atau ember plastik yang sudah dipenuhi dengan dedaunan kering. Setelah itu, pastikan kotak penangkaran penuh dengan jangkrik yang siap dipanen.

  2. Di ruang yang penuh dengan jangkrik yang bergerombol, temukan kotak penangkaran. Saat sebagian jangkrik telah dihinggapi oleh tangan Anda, keluarkan dari kotak penangkaran dan hitung anak jangkrik berdasarkan kelamin dan panjangnya.

  3. Beberapa jangkrik jantan dan betina harus disimpan untuk digunakan sebagai pergantian dan untuk sistem penangkaran yang akan datang. Beberapa lagi dapat segera dipanen dan dijual sebagai indukan jangkrik potensial.

  4. Untuk hasil panen sebelumnya yang dibawa ke pasar untuk dijual, sediakan wadah penampungan sesaat berukuran besar. Untuk memastikan bahwa jangkrik tetap sehat dan tidak mati, tempat penampungan saat ini harus cukup besar dan memiliki ventilasi yang baik.

  5. Jika Anda ingin jangkrik yang siap dijual dibawa ke pasat, gunakan karung atau ember plastik yang sudah dipenuhi dengan daun kering. Pastikan tutup ember plastik ditutup dengan kain kasa dan lubangi sedikit agar aliran udara baik dan jangkrik tidak meloncat keluar.


Bukankah memanen jangkrik yang sudah diternakkan sangat mudah? Karena jangkrik dan hewan ternak dapat disesuaikan di mana saja, peternak tidak perlu membeli banyak perlengkapan. 

Selain itu, peternak tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena bahan dan alat yang dibutuhkan untuk sistem panen jangkrik ini sederhana dan mudah didapat di rumah.

Jadwal Pekerjaan Pasca Panen

Setelah panen selesai, peternak jangkrik memiliki pekerjaan tambahan untuk dilakukan setelah panen. Peternak jangkrik harus membersihkan kotak penangkaran dari berbagai jenis kotoran untuk mempersiapkan penangkaran jangkrik untuk waktu selanjutnya setelah panen.

Semprotkan cairan antiseptik pada permukaan dalam dan luar kotak penangkaran untuk membunuh bibit penyakit yang mungkin ada di sana dan membahayakan anakan jangkrik berikutnya.

Setelah dibersihkan dan disemprot dengan cairan antiseptik, kotak penangkaran harus segera dijemur di bawah sinar matahari langsung selama satu hingga dua hari. 

Setelah itu, lapisi permukaan kotak penangkaran sisi dalam dengan tanah liat yang telah dicampur dengan semen. Salah satu tugasnya adalah melembapkan kotak penangkaran sampai siap untuk digunakan kembali dalam sistem peternakan jangkrik berikutnya.

Peternak jangkrik dapat memulai saat awal peneluran dan pengembangbiakkan jangkrik jantan dan indukan setelah semua sistem aktivitas pasca panen selesai. 


Semoga Bermanfaat,

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like