Obat Ayam Mati Mendadak Kepala Biru



Ayam mati mendadak dengan kepala biru, tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi hampir terjadi di seluruh negara. Penyebab ayam mati mendadak dengan kepala biru, pernah wiraternak ulas pada artikel dengan judul "Penyebab Ayam Mati Mendadak Dengan Kepala Biru".

Kemudian, bagaimana cara mengantisipasi kematian ayam, yang secara mendadak, dengan menunjukkan ciri, kepala sampai jengger ayam berwarna biru?

Obat ayam mati mendadak kepala biru itu apa obatnya?

Tentu jawaban dari pertanyaan, obat ayam mati mendadak, itu tidak ada obatnya. Bagaimana mau di obati, sementara ayam yang akan diobati sudah mati.

Secara logika, tidak ada obat untuk ayam mati mendadak, yang ada adalah pencegahan, supaya ayam yang anda pelihara, tidak mengalami kematian secara mendadak dengan kepala membiru.

Cara mencegah ayam mati mendadak dengan kepala biru.

Ini adalah pengalaman pribadi, di mana wiraternak mengalami sendiri. Ayam kampung yang kami pelihara, mengalami kematian secara mendadak. Setiap hari ada di kisaran 30-40 ekor ayam yang mati mendadak dengan kepala berwarna biru.

Setelah berusaha mencari kesana kemari, untuk mencari solusi mengatasi kematian ayam yang secara mendadak, dan berbagai obat tidak menunjukkan hasil. Akhirnya wiraternak melakukan beberapa ikhtiar , dimana ikhtiar ini terbukti mampu mengatasi kematian ayam secara mendadak.

1. Pola pemberian makanan

Pola pemberian makanan, menggunakan pengaturan, pengurangan porsi pagi hari, dan penambahan porsi sore hari.

Kebutuhan ayam masa produksi, berkisar antara 110-130 gram / hari.
Jadi, porsi pemberian makanan sebagai berikut:

  • Pagi hari: 50 gram/ekor
  • Sore hari: 80 gram/ ekor

Hal ini dapat mengurangi tingkat stress pada ayam, yang di sebabkan oleh cuaca.

2. Suplemen tambahan

Wiraternak menggunakan suplemen tambahan, yang di berikan pada minuman ayam. Yaitu menggunakan kunyit dan gula merah.

Suplemen tambahan kunyit dan gula merah, lebih menghemat biaya dibandingkan anda membeli suplemen tambahan untuk ayam, keluaran pabrik.

Cara pembuatan suplemen untuk ayam:

  • Siapkan 1 kg kunyit, cuci bersih. dan 1 kg gula merah
  • Haluskan kedua bahan tersebut
  • Campurkan dengan 5 liter air, kemudian anda saring.
  • Ampas kunyit, bisa anda tambahkan pada pakan ayam.
  • Simpan ramuan suplemen, di dalam kulkas.

Cara menggunakan ramuan tradisional suplemen ayam:

  • Ambil ramuan tradisional tersebut sebanyak 5ml, campurkan pada air sebanyak 1 liter
  • Berikan ramuan tradisional untuk mengatasi ayam mati mendadak kepala biru, setiap pagi dan sore.

Ramuan yang sudah di berikan, sebaiknya jangan sampai menginap, artinya ketika anda memberikan sore hari, besoknya masih ada. Buang sisanya, dan ganti dengan ramuan yang masih baru dan segar.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Ayam Makan Telur

Kunyit, memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan ayam, dapat meredakan stress, meningkatkan kekebalan tubuh ayam, juga dapat memperbaiki nafsu makan ayam.

Gula merah, merupakan sumber energi yang bagus. Sehingga ketika malam hari cuaca tidak bagus, ayam mempunyai persediaan energi untuk mempertahankan hidupnya.

Dan yang harus selalu anda ingat, suplemen itu merupakan tambahan. Anda harus benar-benar memahami, bahwa ayam membutuhkan kandungan nutrisi yang mencukupi pada makanannya.

Demikian sedikit sharing pengalaman, cara mengobati ayam mati mendadak kepala biru, semoga dapat menjadi solusi juga untuk mengantisipasi ayam-ayam anda, dari kematian mendadak dengan warna kepala biru.

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like