Cara Mengatasi Ayam Makan Telur


Ayam Anda suka makan telur? semoga artikel cara mengatasi ayam makan telur sendiri, ini dapat membantu anda mengatasi ayam-ayam yang anda yang memiliki kebiasaan makan telur.

Perlu di ketahui, ayam memakan telur, bukanlah mengenai karakter atau sifat ayam yang kanibal. Jadi anda jangan terburu-buru menyalahkan kebiasan ayam yang anda pelihara, suka mematuk telur, kemudian memakannya.

Kejadian ayam memakan telur ini, pernah wiraternak alami pada tahun 2011, jadi artikel ini di tulis berdasarkan pengalaman yang sudah terbukti berhasil, mengatasi ayam makan telur sendiri.

Pada waktu itu, ayam yang wiraternak pelihara, adalah indukan-indukan ayam terseleksi, untuk menghasilkan telur tetas.
Bisa dibayangkan, ketika ayam-ayam di kandang hobi memakan telur-telur yang belum sempat menggelinding menuju tempat pengambilan telur.

Baca Juga:

Obat Ayam Mati Mendadak Kepala Biru

Ayam yang suka memakan telur, bukanlah disebabkan karena ayam tersebut mengidap penyakit, atau terserang penyakit. Jadi, anda tidak perlu repot-repot mencari obat untuk mengatasi ayam yang suka memakan telurnya, karena ayam memakan telur, itu tidak di sebabkan oleh penyakit.

 

Cara Mengatasi Ayam Makan Telur

Bagaimana cara mengatasi ayam yang suka memakan telurnya sendiri?
Bagaimana cara mengobati ayam yang suka memakan telur?

Ayam yang suka memakan telur, bisa terjadi pada semua jenis ayam, baik ayam kampung, ayam bangkok, ayam arab, ayam petelur sekalipun, mempunyai potensi berperilaku memakan telurnya sendiri.

Cara mengatasi ayam yang suka memakan telur, itu sangat mudah. Anda perhatikan telur-telur yang dimakan oleh ayam anda.

Perhatikan hal di bawah ini:

  • Apakah ayam anda, memakan telur hanya kuningnya saja?
  • Apakh ayam anda, memakan telur hanya cangkang telurnya saja?
  • Apakah ayam anda, memakan telur secara keseluruhan, isinya beserta cangkangnya?

 

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas akan di temukan penyebab, kenapa ayam suka memakan telur?

Ayam Memakan Telur, hanya kuningnya saja

Ketika ayam anda, baik ayam betina maupun ayam jantan, suka memakan telur, dan  yang di makan hanya kuningnya saja, bisa di pastikan protein yang terkandung di dalam pakan ayam, sangat jauh dari kata cukup.

Kuning telur, adalah salah satu sumber protein yang sangat bagus, dalam satu kuning telur, mengandung protein sebanyak 2,5 gram.

Sedangkan ayam, membutuhkan protein sebesar 16% - 21%.  Ayam usia 1 bulan sampai 4 bulan membutuhkan asupan protein sebesar 21%.

Sedangkan ayam usia produktif, usia 5 bulan ke atas, membutuhkan asupan protein sebesar 16%.

Cara mengatasi ayam memakan telur, adalah dengan memperbaiki kandungan nutrisi pada pakannya.

 

Ayam memakan telur, hanya cangkangnya saja

Ayam yang suka memakan telur tapi yang di makan hanya cangkang telurnya saja, dapat di pastikan ayam tersebut, kekurangan mineral di dalam makanannya.

Solusinya, tambahkan mineral dalam pakan ayam anda. Mineral ini harganya sangat terjangkau, karena pemakaian di dalam ransum atau pakan, sangat sedikit jumlahnya.


Ayam Memakan Telur, Kuningnya Berikut Cangkang Telurnya.

Masih banyak di temukan, peternak ayam skala rumah tangga yang memberikan makanan sederhana atau ala kadarnya untuk ayam yang di pelihara. Kalau untuk ayam yang di pelihara secara di lepas bebas, itu tidak masalah. 

Karena ayam akan mencari makanan di lingkungan sekitar, yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Ada cacing di makan, ada belalang di makan dan binatang-binatang kecil yang mengandung nutrisi baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya.

Berbeda dengan ayam yang di pelihara di dalam kandang, kebutuhan nutrisinya sangat dipengaruhi oleh orang yang memeliharanya.

Ayam yang memakan telur, cangkang dan kuning telurnya, dapat di identifikasi, bahwa kandungan nutrisi di dalam makananya sangat jauh dari kebutuhan tubuhnya.

Anda dapat memperhatikan tabel di bawah ini, terdapat informasi kandungan nutrisi telur, dan kandungan nutrisi cangkang telur.

Jadi sekarang sudah paham kan, kenapa ayam anda suka memakan telur?

Tabel kandungan nutrisi cangkang telur

 

 

Tabel kandungan nutrisi telur 

Dengan memperbaiki kualitas pakan untuk ayam anda, kebiasaan ayam memakan telur, akan langsung hilang, karena kebutuhan nutrisinya sudah tercukupi.

 

Kesimpulan:
Ayam yang suka memakan telur, bukanlah suatu penyakit atau disebabkan oleh buruknya genetik pada ayam tersebut. Ayam memakan telur, karena ayam membutuhkan nutrisi untuk tubuhnya. 

Cara mengobati ayam yang suka memakan telur?

Ya dengan cara memperbaiki nutrisi makanannya. Bukan dengan obat-obat lain. Perbaiki nutrisi pada makanannya.

Penyebab ayam suka memakan telur? Karena makanan yang dia makan, kurang memiliki nutrisi yang cukup.

Ransum sudah bagus, nutrisi sudah cukup, tapi ayam masih tetap memakan telur, kenapa? Kandungan mineral di dalam pakan ayam, masih kurang. Tambahkan mineral, banyak tersedia di toko-toko peternakan. 

 

Semoga artikel ini membantu untuk mengatasi ayam yang suka memakan telur. Dan tetap semangat, karena beternak itu menyenangkan!

 


 

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like