Jenis-Jenis Daging Sapi Dan Namanya

Di pasar, kita seringkali bingung mengenali jenis-jenis potongan daging sapi. Terutama di supermarket, setiap potongan daging sapi dituliskan namanya, tetapi seringkali nama dari jenis-jenis daging sapi tersebut di tulis menggunakan nama-nama asing, bukan dalam bahasa Indonesia.

Secara umum, di Indonesia, mengadopsi cara pemotongan daging ala Amerika Serikat, dam penamaan jenis-jenis daging sapi pada akhirnya mengikuti penamaan ala Amerika.

jenis-jenis daging sapi
Berikut ini adalah penjelasan mengenai nama dan jenis-jenis daging sapi atau nama potongan daging sapi :


1. Punuk (Neck)

Daging sapi punuk, diambil dari leher yang menyambung dengan bagian paha depan. Bagian tengahnya memiliki serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah. 

Daging ini umumnya digunakan untuk membuat Se'i, makanan khas dari Nusa Tenggara Timur yang merupakan daging asap.


2. Sandung Lamur (Brisket)

Sandung lamur adalah daging sapi yang terdapat pada bagian dada bawah, di sekitar ketiak sapi. 

Jenis daging sapi ini agak berlemak dan cocok untuk diolah menjadi hidangan berkuah seperti soto, rawon, atau asem-asem sandung lamur. Lemaknya akan memberikan rasa yang nikmat pada kuah kaldu.

3. Sampil (Chuck)

Bagian daging sapi ini diambil dari leher hingga bahu sapi. Dagingnya berwarna merah pekat, memiliki serat otot yang melintang namun sedikit lemak. 

Biasa digunakan untuk membuat sup, semur, adonan bakso, atau rendang.

4. Paha Depan (Fore Shank)

Paha Depan atau Fore Shank, adalah bagian sapi dari bagian atas paha depan sapi. Bentuknya biasanya segi empat dengan ketebalan 2-3 cm. 

Jika Anda adalah penghobi makanan bakso, Potongan daging sapi paha depan inilah yang  sering digunakan untuk bahan baku adonan bakso.

5. Iga (Rib)  

Jenis daging sapi Iga atau Rib, berasal dari sekitar tulang iga. Rasa dagingnya khas karena dimasak bersama tulang iganya, sehingga kaldu yang dihasilkan memiliki aroma yang lezat. 

Biasa digunakan untuk membuat sup iga atau konro ala Makassar.


6. Short Loin

Short loin Juga dikenal dengan sebutan striploin. Potongan ini terletak di sisi daging T-Bone, yaitu potongan steak dengan tulang berbentuk T pada bagian tengahnya.

7. Has Dalam (Tenderloin)  

Jenis daging sapi ini memiliki tekstur paling empuk, dan sedikit lemak. Dalam bahasa Prancis, bagian ini dikenal dengan sebutan Filet Mignon. 

Umumnya digunakan untuk membuat steak tenderloin karena tidak memerlukan waktu lama untuk matang dan menjadi lembut.

8. Has Luar (Sirloin)  

Seperti has dalam, potongan daging bagian sirloin juga populer digunakan untuk membuat steak sirloin, yakiniku, sukiyaki, atau shabu-shabu. 

Daging ini memiliki lapisan otot pada sisi luarnya dan seratnya lebih kasar daripada tenderloin.

9. Has Atas (Top Sirloin) 

Merupakan bagian sirloin yang lebih disukai karena dianggap lebih enak dan lembut daripada bagian sirloin lainnya. Biasa digunakan untuk membuat steak.

10.Samcan (Flank)  

Bagian Samcan atau Flank, berasal dari otot perut sapi. Dagingnya kurang lunak karena mengandung banyak otot, namun memiliki rasa yang kuat karena memiliki banyak lemak. 

Cocok digunakan untuk membuat sup atau semur yang membutuhkan daging berlemak yang dimasak dalam waktu cukup lama.

11. Short Plate  

Sama seperti flank, short plate juga merupakan potongan daging dari bagian otot perut. Bentuknya panjang dan datar, tetapi tekstur dagingnya kurang lunak. 

Dalam potongan daging ala Inggris, short plate dikategorikan sebagai bagian dari brisket. Biasanya digunakan untuk daging giling, kornet, semur, atau diolah menjadi beef bacon.

12. Tanjung (Rump Cap)  

Bagian ini memiliki tekstur yang cukup lunak, sehingga sering digunakan untuk dipanggang, digoreng, atau ditumis. Bagian ini juga sering dipilih untuk membuat sate.
 

13. Gandik (Round)

Daging bagian gandik ini memiliki tekstur padat, sedikit lemak, seratnya terlihat panjang-panjang, dan warnanya lebih muda. Cocok digunakan untuk membuat empal, dendeng, dan rendang.

14. Sengkel (Shank) 

Nama "sengkel" diadaptasi dari bahasa Belanda, "shenkel". Merupakan potongan daging dari bagian betis sapi, yang memiliki banyak otot dan membutuhkan waktu cukup lama untuk dimasak hingga empuk. 

Biasa digunakan untuk membuat sup, soto, atau adonan bakso urat. Tentu anda tidak asing dengan jenis daging sapi ini, terlebih anda menyukai kuliner jenis sup, soto dan bakso urat.


Semoga penjelasan ini membantu sahabat wiraternak, untuk lebih mudah dalam jenis-jenis daging sapi dan memahami nama-nama potongan daging dalam bahasa Indonesia

Artikel Peternakan Sapi 

Peluang Peternakan Sapi Potong Atau Sapi Pedaging Di Tahun 2023
Cara Memilih Indukan Sapi Perah Yang Berkualitas
Jenis-Jenis Sapi Perah Unggul Penghasil Susu Terbaik
Bagian Shank Daging Sapi, Biasanya Untuk Membuat Masakan Ini
Jenis-Jenis Daging Sapi Dan Namanya
Bagian daging sapi untuk membuat rendang

 

 

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like